Profil Irjen Pol Eddy Sumitro, Kapolda Maluku Baru Lulusan Terbaik Akpol 89

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:24 WIB
Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan. Foto/Humas Polri
MALUKU - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi perwira tinggi (Pati) Polri. Dalam kebijakan teranyar ini, Kapolri mengangkat enam Pati Polri sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh ASDM Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Jumat, 26 Juli 2024. Dalam mutasi tersebut, total ada 157 perwira Polri yang dimutasi.

Mereka selanjutnya akan mengemban tugas dan tanggung jawab baru sesuai dengan jabatan yang ditempatinya. Salah satu perwira yang dimutasi Koorsahli Kapolri Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan diangkat menjadi Kapolda Maluku gantikan Irjen Pol Lotharia Latif.



Karier Irjen Eddy Sumitro sudah malang melintang di dalam kepolisian tanah air dengan berbagai jabatan strategis yang pernah diembannya di Korps Bhayangkara. Ia lahir 27 Agustus 1967 dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989.

Sebelum jadi Kapolda Maluku, Irjen Eddy mengemban jabatan sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri sejak Desember 2023. Sepanjang kariernya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat.

Irjen Eddy Sumitro memiliki latar belakang pendidikan yang solid, termasuk PTIK (1997), Sespim Polri (2003), Sespimti Polri (2012), International Crime USA (2000), Post Blast Course USA (2000).

Kemudian Combating Domestic Transnational Course Ilea Bangkok (2006), dan Financial Criminal in Police Academy Apeldoorn Belanda (2008). Jabatan lain yang pernah diembannya antara lain adalah Kapolres Surabaya Utara.



Kapolres Ngawi, dan Wadirreskrim Polda Sumut (2008). Ia juga sempat menduduki posisi sebagai Kapolres Metro Tangerang PMJ (2009), Dirreskrim Polda Bali (2010), Dirreskrimum Polda Bali (2011).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content