Gunung Ibu Alami 15 Kali Gempa Letusan hingga Pagi Ini

Senin, 22 Juli 2024 - 09:53 WIB
Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara masih terus mengalami erupsi hingga pagi ini, Senin (22/7/2024). Foto/PVMBG
HALMAHERA BARAT - Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara masih terus mengalami erupsi hingga pagi ini, Senin (22/7/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat 15 kali gempa letusan atau erupsi sejak kemarin hingga pagi ini.

“Gunung Ibu mengalami 15 kali gempa letusan atau erupsi. Sebanyak 18 kali gempa hembusan, 10 kali gempa harmonik. 186 kali gempa vulkanik dangkal, 202 kali gempa vulkanik dalam, dan 1 kali gempa tektonik jauh,” tulis PVMBG lewat laman resminyamagma.esdm.go.id.

PVMBG juga melaporkan saat ini gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-200 meter dari puncak.



Kemudian, cuaca gunung api cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah barat dan barat laut. Letusan teramati dengan tinggi 300-700 meter dari puncak, kolom abu letusan berwarna kelabu.

PVMBG pun mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata),” imbaunya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content