Tok! 5 Bocah Penganiaya Pelajar SMP di Kota Batu hingga Tewas Divonis Penjara

Senin, 15 Juli 2024 - 14:48 WIB
Aksi penganiayaan yang dilakukan oleh lima pelaku kepada korban RK (12) pelajar SMP di Kota Batu. Foto/tangkapan layar
KOTA BATU - Lima anak pelaku penganiayaan siswa SMP Negeri Kota Batu hingga tewas dijatuhi vonis bersalah. Kelima pelaku yakni MI (15), MA (13), KA (13), AS (13) dan KB (13), dijatuhi dengan hukuman berbeda-beda oleh majelis hakim.

Kelima pelaku yang merupakan teman sekolah dan teman bermain korban berinisial RKW (12) dinyatakan bersalah telah menganiaya, hingga mengakibatkan korban tewas pada Jumat (31/5/2024) lalu.



MA sebagai pelaku utama divonis 3 tahun ditambah pelatihan kerja 1 tahun. Sementara MI divonis 3 tahun di Lapas Anak di Blitar.

Sementara tiga tersangka lainnya KB, KS dan KA mendapat hukuman 1 tahun penjara dan 1 tahun pelatihan kerja. Hukuman penjara bagi 4 pelaku berusia di bawah 15 tahun ditempatkan di shelter khusus anak di Jember.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu, Didik Adyotomo mengatakan, pihaknya dalam menangani perkara ini dengan mengutamakan cara humanis. Putusan perkara juga dilakukan secepat mungkin karena melibatkan anak-anak dibawah umur.

"Penanganan kasus anak ini kami tangani secara hati-hati, secara humanis juga, karena anak-anak ini masih dibawah umur," kata Didik saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Malang, Senin (15/7/2024).



Seusai regulasi penanganan perkara ini mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).

Sehingga, dalam penanganan perkara ini diatur dalam pasal 80 ayat (3) Junto Pasal 76C UU Nomor 35 tahun 2014, tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content