Pusat Zakat Melaka Malaysia Apresiasi Pengelolaan Zakat yang Dilakukan Baznas di Indonesia

Senin, 08 Juli 2024 - 21:27 WIB
Pusat Zakat Melaka (PZM) Malaysia mengapresiasi pengelolaan zakat yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI di Indonesia dalam upayanya membantu kesejahteraan umat.
JAKARTA - Pusat Zakat Melaka (PZM) Malaysia mengapresiasi pengelolaan zakat yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI di Indonesia dalam upayanya membantu kesejahteraan umat.

Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan dan silaturahmi dari Pusat Zakat Melaka (PZM) Malaysia, di Gedung Baznas RI, Jakarta, Senin (8/7/2024). Turut hadir Ketua Baznas RI, Prof. Noor Achmad, Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum, serta Ketua Pegawai Eksekutif Senarai Zakat Melaka, Datuk Mohamad Azmi bin Haji Sabtu beserta jajaran.

Ketua Baznas RI Prof. Noor Achmad mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka saling bertukar pengalaman dan informasi terkait manajemen pengelolaan zakat di masing-masing negara yang nantinya dapat menjadi kajian atau rekomendasi yang bermanfaat bagi Baznas maupun PMZ.

"Intinya kita tukar menukar pengalaman manajemen zakat yang di Indonesia dan di Malaka, tadi juga sudah saya jelaskan, semua yang terkait dengan visi, misi dan program-program yang telah Indonesia dilaksanakan oleh Baznas di seluruh Indonesia," kata Prof Noor.

Prof Noor juga mengatakan pihaknya akan coba undang lembaga-lembaga zakat dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan lainnya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Prof Noor menambahkan, kunjungan PZM ke Baznas tersebut penting untuk memperkuat kerja sama baik dalam pengelolaan zakat, pertukaran informasi, maupun literasi perzakatan di lingkup ASEAN.

"Harapan kami, apa yang kami berikan itu juga untuk kajian-kajian kalo ada manfaatnya untuk Malaka dan juga tadi dari Malaka banyak menyampaikan yang bisa kita jadikan sebagai informasi untuk Baznas," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pegawai Eksekutif Senarai Zakat Melaka, Datuk Mohamad Azmi bin Haji Sabtu menyatakan, kunjungan pihaknya dalam rangka mempelajari pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah yang dilakukan oleh Baznas, baik dari segi pengumpulan maupun pendistribusian.

"Terima kasih kepada Baznas RI, Prof Noor dan jajarannya, karena telah menerima kami, kami merasa pertemuan ini sangat bermakna karena Baznas ini mengelola zakat se Indonesia yang dimana rakyatnya cukup ramai, seratus juta lebih, dan pengelolaannya pun cukup baik," kata Mohamad.

Menurut Mohamad pihaknya datang ke Indonesia untuk belajar dari Baznas, untuk ia aplikasikan di Melaka nanti. "Jadi nampaknya memang banyak hal yang kami coba terus belajar dari Baznas, bagaimana program-program pendistribusian dapat menyentuh seluruh asnaf mustahik, bagaimana program-program pendistribusiannya," kata Mohamad.

Acara itu juga dihadiri oleh Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, Pimpinan Baznas RI Bidang Sumber Daya Manusia dan Umum, Kolonel Caj (Purn) Nur Chamdani, Deputi 1 Bidang Pengumpulan Baznas RI, M. Arifin Purwakananta, Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, H. M. Imdadun Rahmat.
(ars)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content