Satgas Damai Cartenz Tembak Mati Anggota KKB Basoka Lawiya di Nabire

Minggu, 07 Juli 2024 - 22:22 WIB
Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Bayu Suseno menunjukkan foto anggota KKB Basoka Lawiya, Minggu (7/7/2024). Foto/Fredy Nuboba
NABIRE - Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 (Cartenz-2024) menembak mati Basoka Lawiya, seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya. Basoka Lawiya ditembak karena melawan saat ditangkap di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah, Minggu (7/7/2024) pukul 17:55 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan, Basoka Lawiya ditangkap di Kampung Topo saat aparat gabungan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 dan Polres Nabire serta Polsek Topo melakukan Razia.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan, saat penangkapan Basoka Lawiya melakukan perlawanan sehingga aparat melakukan tindakan tegas dan terukur untuk melumpuhkan anggota KKB pimpinan Undius Kogoya ini.

“KKB Basoka Lawiya dilumpuhkan aparat karena saat ditangkap yang bersangkutan melakukan perlawanan terhadap petugas,” katanya.



Kombes Pol Bayu Suseno menambahkan, KKB Basoka Lawiya aktif dalam berbagi aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Paniai. Di antaranya terlibat langsung dalam aksi pembakaran rumah dinas ASN Kabupaten Intan Jaya pada 20 Januari 2024 di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

“KKB Basoka Lawiya juga terlibat dalam aksi penembakan dan pembakaran di Jalan Raya Madi, Kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, pada 22 Mei 2024,” ujarnya.

Saat ini jenazah KKB Basoka Lawiya masih berada di RSUD Nabire. Apabila proses identifikasi telah selesai, pihak keluarga yang berada di Nabire dapat mengambil jenazahnya di RSUD Nabire.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content