Terkubur Ratusan Tahun di Sragen, Yoni Besar Peninggalan Abad Ke-13 Diekskavasi

Sabtu, 06 Juli 2024 - 21:55 WIB
Benda cagar budaya berupa sebuah yoni besar yang ditemukan di Dukuh Tunggon, Desa Karangpelem, Sragen, Jawa tengah menggemparkan warga, Sabtu (6/7/2024). Foto/iNews TV/Joko Piroso
SRAGEN - Benda kuno berupa sebuah yoni besar yang ditemukan di Dukuh Tunggon, Desa Karangpelem, Sragen, Jawa tengah menggemparkan warga, Sabtu (6/7/2024).



Ekskavasiyoni besar yang ditemukan di Dukuh Tunggon, Karangpelem, Sragen. Foto/iNews TV/Joko Piroso

Yoni berukuran tinggi 1 meter, lebar 80 cm dan panjang 80 cm tersebut terbuat dari batu andesit dan ditemukan terkubur di ladang milik warga setempat.



Proses ekskavasi dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sragen.

Setelah diekskavasi yoni tersebut kemudian disimpan dan dirawat di Balai Desa Karangpelem.

Penemuan seperti ini tidak hanya memiliki nilai sejarah yang penting, tetapi juga membuka peluang untuk lebih memahami konteks budaya dan keagamaan di wilayah tersebut pada masa lalu.

Ketua TACB Sragen, Anjarwati Sri Sayekti menyatakan bahwa yoni yang ditemukan ini diyakini sebagai benda cagar budaya peninggalan masa Hindu klasik, sekitar abad ke-13.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content