4 Fakta Raja Mulawarman, Raja yang Membawa Kemajuan untuk Kerajaan Kutai

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:11 WIB
Raja Mulawarman merupakan salah satu raja terbesar yang berkuasa di Kerajaan Kutai, kerajaan pertama di Nusantara yang berpusat di Muara Kaman, Kaltim. Foto/Ilustrasi/Ist
RAJAMulawarman merupakan salah satu raja terbesar yang berkuasa di Kerajaan Kutai, kerajaan pertama di Nusantara yang berpusat di Muara Kaman, Kalimantan Timur.

Dilansir dari jurnal bertajuk "Kajian Etimologis Kerajaan (Kutai) Martapura di Muara Kaman, Kalimantan Timur", disebutkan jika dari tujuh prasasti yupa yang dibuat pada abad V Masehi tidak ada satu pun yang menyebutkan nama atau kata Kutai.



Tim Penyusun Sejarah Nasional Indonesia dalam buku Jilid 2 mengungkapkan, nama Kutai digunakan oleh para peneliti sejak zaman Belanda untuk menamakan kerajaan Dinasti Mulawarman berdasarkan lokasi penemuan prasasti yupa di wilayah Kutai.

Terlepas dari sejarah dan penamaan Kerajaan Kuta, terdapat salah satu sosok penting dalam kerajaan tersebut yang namanya banyak dicantumkan dalam prasasti. Dia adalah Raja Mulawarman.

4 Fakta Raja Mulawarman

1. Membawa Kejayaan di Kerajaan Kutai



Raja Mulawarman adalah raja Kerajaan Kutai yang memerintah pada abad ke-4. Pada masa kepemimpinannya, Kutai berhasil mencapai puncak kejayaannya.

Informasi ini didasarkan pada prasasti Yupa, yang menyebutkan jika puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Perkembangan ekonomi pun kian pesat saat kepemimpinan.



Lokasi kerajaan yang berada di tepi sungai dimanfaatkan dengan baik kala itu, sehingga membuat masyarakat yang mengolah lahan pertanian semakin makmur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content