Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, Semburkan Abu Tebal 700 Meter

Rabu, 26 Juni 2024 - 07:38 WIB
Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada hari Rabu (26/6/2024) dini hari. Foto/PVMBG
FLORES TIMUR - Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada hari Rabu (26/6/2024) dini hari. Letusan gunung yang terjadi pada pukul 05:04 WITA ini menyemburkan abu tebal setinggi 700 meter ke arah barat laut.

"Kolom abu berwarna kelabu pekat ini masih berlangsung saat laporan dibuat. Aktivitas vulkanik di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan terpantau meningkat dalam beberapa hari terakhir," tulis laman Magma Indonesia pada Rabu (26/6/2024).

"Sebagai langkah antisipasi, masyarakat di sekitar gunung diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari pusat erupsi," tambahnya.



Hal ini juga berlaku bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan tersebut. Zona aman diperluas hingga 4 km ke arah barat laut, utara, dan selatan-tenggara dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari pihak berwenang. Informasi terbaru terkait status gunung dan potensi bahaya erupsi dapat diakses melalui Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content