Jenderal Polisi Ini Punguti Sampah di Gunung Dempo

Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:25 WIB
Jenderal Polisi Ini Punguti Sampah di Gunung Dempo. Foto/Ist
PAGARALAM - Apa yang dilakukan jenderal polisi ini tergolong luar biasa. Bersama puluhan anggotanya dan sejumlah pendaki, ia rela membersihkan sampah di Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Sumsel.

Kepedulian jenderal polisi bernama Rudi Setiawan ini, sebagaimana terekam di sejumlah foto-foto yang diposting seorang warga bernama Akbar Zamrullah, di akun facebook-nya.

Dalam foto-foto tersebut, sang jenderal tak segan membawa kantong plastik besar berisi sampah. Sampah yang berserakan di sepanjang jalur pendakian ini, ditinggalkan begitu saja oleh ratusan pendaki yang melaksanakan upacara peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI di puncak Gunung Dempo.

"Jadi waktu turun (gunung Dempo), beliau (jenderal polisi) bersama anak buahnya memunguti sampah yang berserakan. Kami juga menemani," kata Akbar Zambrullah.

Sekadar diketahui, Wakapola Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan bersama puluhan personelnya melakukan ekspedisi kecil berupa pendakian gunung, dalam rangka upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Dempo, Pagaralam.



Upacara ini dilakukan untuk memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia, pada Senin (17/8/2020) lalu, pukul 10.17 WIB.

Brigjen Pol Rudi Setiawan bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara pengibaran bendera merah putih di puncak gunung berketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut (Mdpl) tersebut.

Tim ekspedisi ini dipimpin langsung Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan didampingi Wadansat Brimob Polda Sumsel AKBP Teguh Hardiyo Wibisono bersama 30 personel Satbrimob, 10 personel Polres Pagaralam, dan dua personel Bid Dokkes melakukan perjalan dari Palembang sejak Jumat (14/8/2020).

Rangkaian kegiatan pendakian diawali pemeriksaan kesehatan dan pelepasan tim ekspedisi oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri menuju titik kumpul pendakian di Kampung IV, kaki Gunung Dempo Pagaralam. (Baca juga: Antisipasi Libur Panjang, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG di Sumbagsel Aman)

Kemudian dilanjutkan pelepasan menuju pintu rimba untuk memasuki jalur pendakian oleh Wali Kota Pagaralam, Alfian Maskoni. (Baca juga: Pasangan Homo Kepergok Indehoi di Mobil, Salah Satu Diduga Mahasiswa)

Selain melakukan upacara pengibaran bendera merah putih, Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan dan tim melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan Gunung Dempo.
(boy)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More