Sepekan Banjir Kepung Kabupaten Pulau Taliabu, 620 Jiwa Terdampak

Selasa, 28 Mei 2024 - 13:01 WIB
Lebih dari 620 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Foto/BNPB
TALIABU - Lebih dari 600 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Selasa (28/5/2024). Kejadian ini terjadi setelah adanya hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis 16 Mei 2024 pukul 02.00 WIT.

Berdasarkan data populasi terdampak berjumlah 620 jiwa atau 155 KK. Tidak ada laporan adanya korban jiwa atau pun mereka yang luka akibat banjir.

”Saat banjir terjadi, tinggi muka air sekitar 50 cm merendam Desa Talo dan Desa Wayo. Keduanya berada di Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Selasa (28/5/2024).



Kerugian telah didata BPBD yang menyebutkan gorong-gorong penghubung Jalan Desa Talo dan Desa Wayo terputus, jembatan penghubung Rumah Sakit Ratahaya dan Desa Bobong tidak bisa dilalui kendaraan.

Kemudian satu jembatan penghubung Dusun Bobong dengan Dusun Fangahu rusak ringan. Kondisi tersebut membuat jalur lalu lintas kendaraan menjadi terhambat. BPBD juga melakukan pemutakhiran data terhadap rumah warga pada Desa Bobong dan Desa Wayo.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu agar selalu waspada terhadap potensi banjir susulan yang masih bisa terjadi.“Kami imbau agar tetap waspada banjir susulan,” tegasnya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content