Di Mana Letak Kerajaan Singasari? Ini Penjelasannya

Rabu, 17 Januari 2024 - 06:18 WIB
Candi Singosari atau Candi Singasari merupakan candi Hindu-Buddha peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singasari yang berlokasi di Kelurahan Candirenggo. Foto/Ist
Di mana letak Kerajaan Singasari dulunya? Ada beberapa sumber populer tentang hal ini. Salah satunya menyebutkan di wilayah sekitar pertemuan Sungai Brantas dan Sungai Bango.

Kerajaan Singasari merupakan kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang pernah eksis di Nusantara. Kehadirannya sendiri tak bisa dilepaskan dari sosok Ken Arok pada 1222 silam.

Sepanjang keberadaannya, Singasari telah mengalami masa kejayaan di era pemerintahan Raja Kertanegara yang berkuasa sekitar 1272-1292 M. Waktu itu, wilayah kekuasaannya terbentang cukup luas.

Setelah mencapai masa kejayaan, Kerajaan Singasari juga mulai mengalami kemunduran hingga keruntuhan. Salah satu momen yang menjadi penyebabnya adalah ketika terjadi penyerangan oleh Jayakatwang.



Melihat ke belakang, dimanakah sebenarnya letak Kerajaan Singasari? Simak ulasannya berikut ini.

Dimana Letak Kerajaan Singasari?

Pada riwayatnya, ada beberapa versi populer terkait letak atau keberadaan Kerajaan Singasari di masa lampau. Namun, secara umum orang-orang mengenali lokasinya berada di Malang, Jawa Timur.

Mengutip buku “Modul Sejarah Indonesia Kelas X” yang diakses melalui Repositori Kemdikbud, lokasi Kerajaan Singasari diperkirakan berada di sekitar Supit Urang. Tempat tersebut mengacu pada sebuah wilayah di sekitar pertemuan Sungai Brantas dan Sungai Bango.

Pada salah satu catatan Raffles yang ditulis 1882, disebutkan sebuah wilayah bernama Kutorejo atau Kota Raja. Dikenal juga dengan sebutan kota kuno, namanya kemudian berganti menjadi Kutho Bedah.

Adapun kawasan Kutho Bedah ini dipercaya menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Singasari. Hal ini didasarkan ketika melihat lokasinya yang strategis, cocok untuk pertahanan serta mengawasi pergerakan musuh.

Peninggalan bekas permukiman kuno dan pusat pemerintahan Singasari bisa dibuktikan dengan beberapa penemuan. Misalnya, seperti bekas parit, reruntuhan batu kuno, dan lainnya.

Sementara untuk era sekarang, lokasi yang dulunya pernah ditempati Kerajaan Singasari diperkirakan ada di daerah Singosari, Kabupaten Malang. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa penemuan bersejarah seperti candi hingga patung.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan terkait dimana letak Kerajaan Singasari di masa lampau. Semoga bermanfaat.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content