5 Fakta Telaga Sarangan, Nomor 4 Jarang yang Tahu

Kamis, 30 November 2023 - 16:50 WIB
Telaga Sarangan berada di lereng kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Telaga Sarangan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Magetan , Jawa Timur. Bagi siapa saja yang mengunjunginya, pasti bakal terkesima melihat alam yang tampak asri di sana.

Telaga yang satu ini berada di lereng kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan lebih dikenal masyarakat setempat sebagai Telaga Pasir.

Saat ini sudah banyak fasilitas wisata yang bisa memanjakan pengunjung di sekitar Telaga Sarangan. Mulai dari hotel, rumah makan, hingga taman bermain.

Berikut sejumlah fakta menarik tentang tempat wisata Telaga Sarangan.

5 Fakta Telaga Sarangan





1. Nama Asli Telaga Sarangan



Sebelum dikenal dengan nama Telaga Sarangan, masyarakat di sana lebih mengenalnya dengan nama Telaga Pasir. Bukan tanpa sebab, adanya nama tersebut tentu berkaitan dengan mitos kepercayaan masyarakat setempat.



Namun, nama Telaga Pasir pun diubah oleh petinggi dan tokoh masyarakat setempat dengan nama desa atau kelurahan yang ada di sana, yaitu Sarangan. Sejak saat itu, telaga tersebut menjadi Telaga Sarangan yang merujuk kepada desa setempat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More