Terdampar di Pantai, Warga Selamatkan Seekor Anak Penyu

Senin, 03 Agustus 2020 - 13:32 WIB
Warga Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berhasil menyelamatkan seekor anak penyu. Foto/iNews TV/Azdar Zula
KOLAKA - Warga Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menyelamatkan seekor anak penyu yang terdampar di pantai, Minggu (2/8/2020) sore.

(Baca juga: 2 Ahli Waris Tagana Jatim Dapat Santunan Kematian BPJAMSOSTEK )

Awalnya seekor penyu ditemukan terdampar di sekitar pesisir pantai Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka , dalam kondisi masih hidup. Penyu tersebut, ditemukan oleh sejumlah anak yang sedang bermain di sekitar pantai.

Karena penasaran, anak-anak tersebut langsung membawanya ke pemukiman warga, sehingga keberadaan penyu tersebut mengundang kerumunan warga Kecamatan Pomalaa . Akhirnya salah seorang warga Pomalaa, Arul, langsung mendatangi kerumunan warga dan mengambil penyu tersebut untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Menurut Arul, penyu merupakan satwa yang dilindungi oleh Undang-undang sehingga harus dijaga kelangsungan hidupnya. Tak hanya itu, Arul juga berharap agar populasi penyu di perairan Teluk Bone dapat tetap terjaga.



(Baca juga: Penumpang Tewas di Pelabuhan Bakauheni, Diduga Positif COVID-19 )

"Awalnya saya melihat anak-anak bermain penyu, makanya langsung saya datangi mereka dan menanyakan dari mana asal satwa tersebut. Rupanya penyu tersebut terdampar di Pantai Pomalaa , makanya saya langsung lepasakan kembali ke habitatnya agar populasi penyu tetap terjaga," ungkapnya.

Keberadaan penyu di perairan Teluk Bone , tepatnya di sekitar Pantai Pomalaa , memang kerap ditemukan sejumlah penyu oleh nelayan. Namun penyu tersebut tidak diburu atau ditangkap, sebab nelayan mulai paham jika satwa tersebut dilindungi.
(eyt)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More