Kisah Raja Mataram Amangkurat Nyaris Tewas saat Uji Meriam Baru Meledak

Jum'at, 08 September 2023 - 10:09 WIB
Salah satu meriam peninggalan di Museum Fatahilah Jakarta. Foto/SINDOnews
Raja Mataram nyaris tewas saat percobaan pembuatan senjata menjelang peristiwa penyerangan Blambangan. Kala itu, Sultan Amangkurat I memerintahkan pembuat meriam dan senapan untuk menghasilkan 800 senapan dan meriam kecil dalam satu triwulan.

Setelah itu terjadilah satu dan lain hal yang membuatnya sadar kembali. Kala itu sang sultan memerintahkan meriam terbaik yang baru selesai dikerjakan untuk dicoba di alun-alun.





Setelah itu disuruhnya supaya dicoba sebuah meriam Belanda yang sama besarnya, tetapi diberi peluru yang dua kali lebih berat daripada peluru untuk meriam Jawa.Sunan Mataram itu merasa heran bahwa meriam Belanda itu hanya sedikit melompat ke belakang.



Lantas ia menanyakan kepada pembuat meriam Jawa, apakah meriam Jawa juga tahan diisi dengan peluru yang sama beratnya. Setelah pembuat meriam itu menjawab bahwa hal itu bisa.

Maka ketika meriam buatannya ditembakkan sebagaimana dikutip dari “Disintegrasi Mataram: di Bawah Mangkurat I" dari H.J. De Graaf, diisi dengan peluru dua kali lebih berat, kemudian ditembakkan.

Tetapi meriam itu meledak dan hancur berantakan berkeping-keping tidak terhitung banyaknya, dan keping terbesar jatuh tepat di depan raja. Sungguh luar biasa terkejutnya, hingga diperintahkan Sultan Amangkurat I agar pembuat meriam itu ditangkap.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More