Viral Video Ribuan Warga Indramayu Bakar Ponpes Al Zaytun, Begini Faktanya

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:23 WIB
Polres Indramayu dan Kominfo memastikan video viral terkait kebakaran di Ponpes Al Zaytun adalah Hoaks. Foto/Istimewa
INDRAMAYU - Beredar di media sosial sebuah rekaman video amatir yang memperlihatkan terjadinya kebakaran di wilayah Kabupaten Indramayu. Unggahan video tersebut bertuliskan “Tepat malam ini ribuan warga indramayu kompak bakar Ponpes Al Zaytun”.

Video berdurasi 9 menit 22 detik itu dibagikan di media sosial facebook pada Kamis (10/8/2023), dan telah dilihat lebih dari 85 ribu kali. Banyak pula warganet yang merespon video dengan judul warga bakar Ponpes Al Zaytun tersebut.

Perihal beredarnya video itu, Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memastikan video itu hoaks. ”Video itu hoaks,” kata Fahri kepada wartawan, Senin (14/8/2023).



Dalam hal ini, kata Ipda Tasim, Polres Indramayu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak bermedia sosial. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk menyaring semua informasi yang diterima, hal ini sekaligus untuk menangkal beredarnya berita hoaks.



"Mari sama-sama kita menangkal hoaks atau berita bohong," kata dia.

Diketahui, video itu memang benar terjadi di Kabupaten Indramayu. Namun faktanya, kebakaran tersebut bukan terjadi di Ponpes Al Zaytun, melainkan kebakaran yang melanda sebuah ruko di Desa Kalianyar, Krangkeng, Kabupaten Indramayu pada 11 Mei 2023 lalu.

Perihal berita hoaks tersebut, diketahui juga turut diinformasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan judul “(DISINFORMASI) Warga Kabupaten Indramayu Membakar Ponpes Al-Zaytun”.
(ams)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More