Dialog Jaga Pangan, Kementan Hadirkan 2 Pengusaha Sukses Beri Motivasi Generasi Muda

Senin, 07 Agustus 2023 - 22:15 WIB
Dialog Jaga Pangan digelar Kementan melibatkan tokoh agama, kaum perempuan dan generasi muda di Makassar, Sulsel, Senin (7/8/2023). Foto/Ist
MAKASSAR - Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Dialog Jaga Pangan yang melibatkan tokoh agama, kaum perempuan dan generasi muda, di Hotel Claro Makassar, Sulsel, Senin (7/8/2023).

Dialog tersebut menghadirkan 2 pengusaha muda yang sukses di bidang pertanian dan peternakan yakni, Rizky Bayu Pradana dan Canesia Aisah Jeannonaveva. Keduanya hadir memberikan motivasi dan kiat sukses menjadi petani kepada para generasi muda.



Rizky memilih terjun ke dunia peternakan pada 2018 setelah 10 tahun menekuni karir sebagai karyawan perbankan di DKI Jakarta. Dia pun membulatkan tekad dengan mengawali usaha dengan modal 50 ekor kambing.

Usahanya kini dikenal dengan nama SRRFarm yang merupakan akronim dari Sumber Rachmat Rizky Farm. Saat ini, peternakan tersebut memiliki tak kurang dari 2.000 ekor lebih yang dikelola para pemuda.

“Semua yang hadir disini memiliki peluang yang sangat terbuka lebar untuk sukses menjadi petani, karena masih sangat sedikit yang melirik potensi ini,” katanya di hadapan para pemuda di Hotel Claro Makassar, Senin (7/8/2023).

Dia pun mengemukakan, beragam alasan kenapa milenial dan zenial tidak mau menggeluti bidang pertanian di antaranya, tidak ada jenjang karir, resikonya tinggi, income rendah, tidak dihargai bahkan tidak menjanjikan.



“Itu alasannya kenapa tidak banyak diminati, namun itu semua terbantahkan dengan hasil yang saya raih saat ini. Buktinya saya bisa terlihat keren, bisa kemana-mana karena peternakan ada yang mengurus, dan diundang ke acara ini bersama Kementan RI. Jadi petani juga bisa sukses,” ungkap Rizky.

Hal yang sama disampaikan Canesia Aisah Jeannonaveva, Direktur Utama PT Agro Rahayu Sentosa Yaksa (ARSY), perusahaan yang bergerak di bidang budidaya dan pengelolaan hasil pertanian. Perusahaan ini satu-satunya di Indonesia yang mengembangkan cabai Katokkon yang berasal dari Tana Toraja dengan luasan terbesar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content