Kisah Gajah Mada, Miliki Peran Penting pada Kekuasaan 3 Raja Majapahit hingga Disegani di Mancanegara

Senin, 05 Juni 2023 - 07:55 WIB
Sketsa wajah Gajah Mada yang didasari dari gambaran lama oleh M. Yamin. Foto/Wikipedia
Didirikan oleh Raden Wijaya, di Hutan Tarik usai runtuhnya Kerajaan Singasari akibat serangan mematikan Jayakatwang. Kerajaan Majapahit bermetamorfosa menjadi kerajaan besar yang mampu menyatukan Nusantara, hingga disegani di seluruh mancanegara.



Kejayaan Kerajaan Majapahit tersebut, tidak bisa lepas dari peran Mahapatih Gajah Mada. Bahkan, keberadaan Gajah Mada ini menjadi sosok sentral, pada kekuasaan tiga raja yang pernah memimpin Majapahit.



Gajah Mada mulai menonjol perannya, saat memimpin pasukan Bhayangkara menumpas berbagai pemberontakan di dalam Kerajaan Majapahit, hingga dipercaya oleh raja ketiga Majapahit, Tribhuwana Tunggadewi.



Bukan berasal dari bangsawan, maupun kasta atas di struktur sosial masyarakat Majapahit, namun Gajah Mada memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga mampu mengantarkannya menjadi pejabat penting sejak Jayanegara bertakhta.

Gajah Mada memulai kariernya di Majapahit, benar-benar dari bawah. Yakni sebagai prajurit, yang kemudian diangkat sebagai bekel atau komandan sepasukan prajurit. Pasukan Bhayangkara yang dipimpin Gajah Mada, memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan raja.

Perlahan kecerdasan, kecermatan, dan strategi yang dilakukannya membuatnya dipercaya mengemban jabatan yang lebih tinggi. Hingga akhirnya ketika Tribhuwana Tunggadewi menjabat sebagai raja, ia dilantik menjadi patih. Patih merupakan jabatan yang saat ini mungkin setara perdana menteri.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content