Asal Usul Nama dan Sejarah Bogor, Kota Hujan yang Dibangun Thomas Stamford Raffles

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:56 WIB
Bogor merupakan nama salah satu wilayah yang terletak di Jawa Barat. Foto DOK ist
JAKARTA - Bogor merupakan nama salah satu wilayah yang terletak di Jawa Barat . Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan berbatasan dengan Kabupaten Tangerang, Kota Depok, dan Kabupaten Bekasi.

Bogor yang erat kaitannya dengan julukan Kota Hujan ini memiliki asal-usul nama yang terdiri dari beberapa versi, dan punya sejarahnya tersendiri.



Asal Usul Nama Bogor

Asal mula munculnya nama Bogor ini memiliki beberapa versi. Dilansir dari laman Kabupaten Bogor, menurut berbagai pendapat kata Bogor berasal dari kata “Buitenzorg” nama resmi dari Penjajah Belanda.

Sedangkan pendapat lain ada yang mengatakan bahwa nama Bogor berasal dari kata “Bahai” yang berarti Sapi, lantaran terdapat patung sapi di Kebun Raya Bogor.



Pendapat lain menyebutkan bahwa Bogor berasal dari kata “Bokor” yang berarti tunggul pohon enau (kawung).

Versi lain menyebut bila nama Bogor tertulis “Hoofd Van de Negorij Bogor” yang berarti kurang lebih Kepala Kampung Bogor. Kampung tersebut berada di dalam lokasi Kebun Raya Bogor dan didirikan oleh C.G.K. Reinwardt pada tahun 1817.

Sejarah Bogor

Pijakan penentu berdirinya Bogor dimulai ketika Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja dinobatkan sebagai Susuhunan Pajajaran pada tahun 1482 masehi.

Diketahui bahwa Kerajaan Padjdjaran yang dipimpin Prabu Siliwangi setiap tahun selalu mengadakan upacara gurubumi dan upacara kurewabhakti sebagai upacara syukuran atas hasil panen pada tahun tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More