Bak Pecahan Surga, Ini Kecantikan Air Terjun Terumbun di Hutan Kepulauan Anambas

Rabu, 22 Maret 2023 - 14:48 WIB
Air terjung unik layaknya di hutan pedalaman Amazon, ternyata ada di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
KEPULAUAN ANAMBAS - Bak pecahan surga, di tengah belantara hutan Kepulauan Anambas, terdapat air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Kecantikan air terjun tersebut, layaknya di tengah hutan pedalaman Amazon.



Air terjun berair jernih membelah hutan hijau lebat. Air terjun itu berundak-undak melintasi tebing batu, dan kolam-kolam alam yang berada di celah bebatuan. Saat airnya berjatuhan di antara bebatuan, terdengar gemercik yang mendamaikan hati.

Orang menamainya sebagai Air Terjun Temburun. Sebuah air terjin eksotis yang ada di kepulauan terluar Indonesia, tepatnya di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).





Air Terjun Temburun memiliki tujuh tingkat, sehingga begitu megah. Tinggi air terjun itu mencapai 560 meter, dan airnya tak pernah mengering meskipun di musim kemarau. Air mengalir langsung ke laut lepas, yang menjadi muara dari air terjun tersebut.



Keberadaan Air Terjun Terumbun ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi sangat mudah dijangkau. "Pengunjung cukup mengendarai sepeda motor selama sekitar 30 menit dari Tarempa, untuk mencapai Air Terjun Terumbun," tuturnya.



Tidak ada pungutan biaya untuk masuk ke area wisata Air Terjun Terumbun. Para pengunjung bisa bermain dengan air yang segar, dan menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa di Air Terjun Temburun.



Untuk beristirahat, para wisatawan dapat memanfaatkan fasiltas gazebo yang ada di sekitar Air Terjun Terumbun. Sambil menikmati hamparan hutan mangrove, dan pesisir pantai yang langsung terhubung dengan muara air terjun tersebut.
(eyt)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More