4 Penguasa Cantik dari Berbagai Kerajaan di Nusantara, Terakhir Bergelar Raja

Senin, 06 Maret 2023 - 19:47 WIB
Sultanah Safiatuddin perempuan pertama di Aceh Darussalam yang diangkat menjadi seorang raja. Dia dikenal pemberani, pintar dan menguasai empat bahasa asing. Foto/Dok.Wikipedia
PENGUASA cantik dan rupawan yang berasal dari berbagai kerajaan di Nusantara berhasil mencapai puncak keemasan. Para wanita cantik ini mampu menjadi penguasa yang disegani di berbagai kerajaan yang pernah ada di Nusantara yang kebanyakan dipimpin oleh seorang laki-laki.

Sejarah membuktikan sejumlah ratu cantik yang memimpin kerajaan dapat menunjukan jiwa kepemimpinan yang tegas dan tak ragu jika terlibat peperangan.

Berikut empat penguasa cantik dari berbagai Kerajaan di Nusantara

1. Ratu Shima

Kerajaan Kalingga pernah dipimpin oleh seorang Ratu cantik yang dikenal dengan nama Ratu Shima. Ia memiliki gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.





Dalam riwayatnya ia menikah dengan kartikeyasinga, Pangeran Kalingga. Namun suaminya wafat dan diangkatlah Shima menjadi seorang ratu karena kedua putranya belum siap menjadi raja.

Ratu Shima dikenal sebagai sosok yang tegas dan selalu memperhatikan seluruh kesejahteraan rakyatnya. Pada era pemerintahannya, Kerajaan Kalingga berhasil mencapai masa keemasan dengan mengembangkan sektor pertanian dan perdagangan.

2. Tribhuwana Wijayatunggadewi



Tribhuwana Wijayatunggadewi merupakan putri dari Raden Wijaya dan Gayatri yang menikah Raja Jayanegara. Setelah Jayanegara meninggal, Tribhuwana menaiki tahta menjadi seorang ratu lantaran tak memiliki putra mahkota.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More