Jaring Dukungan, Sahabat Ganjar Bikin Kegiatan di Sukabumi dan Bandung

Sabtu, 04 Maret 2023 - 21:41 WIB
Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar menggelar kegiatan di Sukabumi dan Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2023). (Ist)
BANDUNG - Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar menggelar kegiatan di Sukabumi dan Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2023). Kegiatan itu digelar sebagai upaya menjaring dukungan masyarakat.

Salah satu kegiatan itu adalah Workshop Lestari Seni Helaran yang digelar di Sukabumi. Ketua DPC Sahabat Ganjar Sukabumi Asep Efendi menuturkan banyak sekali kesenian yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Hal tersebut menjadi alasan utama terselenggaranya workshop kali ini. "Indonesia kaya akan kebudayaan, kita ingin memberikan wawasan kepada masyarakat sini untuk mengetahui bahwa seni helaran ini memiliki sisi unik yang harus kita ketahui," kata Asep.

Menilik sejarah dari Seni Helaran ini, tidak bisa terlepas dari unsur pesta keramaian yang bertumpu pada aspek agama, kebersamaan, perlombaan dan masih banyak lagi. Asep menjelaskan, segala aspek tersebut adalah masa lalu.

Saat ini, masyarakat harus mewariskan dan mengambil nilai-nilai moralnya. "Setiap sejarah memiliki cerita masing-masing, saat ini tugas kita adalah menjaga serta melestarikan kesenian tersebut," imbuhnya.

Dia berharap, dengan terselenggaranya workshop ini semakin meningkatkan kecintaan terhadap kebudayaan lokal dan lebih mengenal sosok Ganjar Pranowo. "Semoga, masyarakat di Sukabumi ini mencintai kebudayaan Indonesia dan mengetahui bahwa Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang bisa dijadikan panutan," pungkasnya.

Sedangkan di Kota Bandung, Sahabat Ganjar menggelar Workshop Enterpreneur Masa Kini bersama Pengusaha Distro Bandung. Ketua DPC Sahabat Ganjar Kota Bandung Engelbert Novel Malonda mengungkapkan, workshop yang berlangsung kali ini tidak terlepas dari peran Ganjar Pranowo yang mengedepankan UMKM agar bisa lebih maju dan berkembang.

"Pak Ganjar ini begitu support bisnis UMKM, mendidik kita agar menjadi seorang enterpreneur. Banyak sekali program-program beliau yang memudahkan kita agar menjadi pengusaha," kata Engelbert.

Dia mengatakan, alasan utamanya menggaet pengusaha distro untuk menggelar workshop enterpreneur kali ini. "Distro Bandung ini sudah sangat terkenal, maka dari itu Milenial yang hadir disini semoga bisa menyerap ilmu seputar usaha clothing pakaian ini," ujarnya.

"Kami dari Sahabat Ganjar juga berharap, para peserta yang hadir kali ini juga mengenal sosok Ganjar Pranowo. Karena beliau adalah orang yang sangat mendukung perkembangan UMKM," pungkasnya.

Sebelum kegiatan workshop, relawan Ganjar ini menggelar kegiatan senam bersama yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Sukabumi dan Kota Bandung.
(nag)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content