Dukungan Program Pemerintah Terkait Jembatan, Berlanjut

Selasa, 28 Februari 2023 - 14:20 WIB
Sejak diteken, pemerintah telah mengganti dan mengoperasikan Jembatan CH Wonokerto pada 2022. Pada arus mudik lebaran 2023 ini, pemerintah menargetkan fungsionalisasi 14 Jembatan CH. 11 diantaranya berada di Jalur Pantai Utara Jawa sementara tiga sisanya masing-masing berada di Provinsi Banten dan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Data bulan Januari mengungkap realisasi pekerjaan CH sudah capai angka 42,8%, lebih cepat 16% dari rencana. Jika progres baik ini terus berlanjut, ke-38 Jembatan CH bisa fungsional pada masa akhir paket kontrak di bulan Desember 2023.

Terakhir, Kementerian PUPR akan melaksanakan dua paket dukungan infrastruktur jembatan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Pertama, paket tahun jamak Pembangunan Pelindung Tumbukan Kapal (Fender) dan bangunan pelengkap Jembatan Pulau Balang senilai Rp. 399 miliar. Kedua, paket tahun jamak Pembangunan Jembatan Pulau Balang Pendek IKN senilai Rp145 miliar.

Meskipun infrastruktur jembatan penting bagi pergerakan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Yudha menghimbau masyarakat ikut merawat jembatan-jembatan yang sudah dibangun dengan uang pajak rakyat. Dia mencontohkan di Jembatan Kelok 9 di Provinsi Sumatera Barat telah muncul side friction yang merusak estetika dan mengganggu keselamatan pengguna jalan.

“Tapi Tolong, ekonomi lokal tumbuh tapi mohon ditata dengan baik. Misalnya di pinggir jalan Jembatan Kelok 9 berdiri warung-warung semi permanen. Tampak tidak indah dan mengganggu keselamatan jalan juga,” tutur Yudha.
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More