Pangkoarmada I Patroli Udara Pantau Keamanan Laut Natuna Utara, Ada Apa?

Rabu, 22 Februari 2023 - 20:02 WIB
Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma melakukan patroli udara guna memantau keamanan di Laut Natuna Utara. FotoiNews TV/Alfie Al Rasyid
NATUNA - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma melakukan patroli udara guna memantau keamanan di Laut Natuna Utara. Dalam patroli tersebut, situasi di Laut Natuna Utara masih kondusif.



"Kami melihat dan berkomunikasi dengan KRI Kapitan Pattimura-371 tentang situasi Laut Natuna Utara saat patroli. Apa saja gangguan yang ditemukan dan kendala yang dihadapi serta hal yang harus dilakukan. Semua dijawab dan dapat simpulkan masih kondusif," ujar Erwin S. Aldedharma, Rabu (22/02/2023).



Dia menjelaskan, letak Laut Natuna Utara berbatasan dengan beberapa negara asing. Sehingga terkadang bisa menemukan kapal negara asing, namun melaksanakan kegiatan operasional di wilayah perairan sendiri.



"Jadi kami meyakinkan tidak ada terjadi pelanggaran hukum dan kedaulatan negara di wilayah kita. Sehingga pentingnya kehadiran unsur KRI di laut kapan pun diperlukan," katanya.

Menurutnya, dalam mengamankan Laut Natuna Utara dituntut kehadiran KRI selalu ada 1x24 jam. Oleh karena itu, TNI AL mengerahkan beberapa KRI untuk patroli secara bergantian.

Selain itu, para prajurit juga diminta untuk siap dan sigap dalam menjalankan tugas. Pasalnya TNI AL berkomitmen untuk menghadirkan kesatuan dan kekuatan di seluruh tanah air guna menjaga situasi yang kondusif.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More