Joy Flight Diserbu Warga, CN 295 Terbang 5 Kali

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:46 WIB
Joy Flight Diserbu Warga, CN 295 Terbang 5 Kali
Joy Flight Diserbu Warga, CN 295 Terbang 5 Kali
A A A
MEDAN - Terbang dengan pesawat militer TNI AU merupakan pengalaman yang langka. Tidak heran, kegiatan Medan Air Show 2015 di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Soewondo, eks Bandara Polonia Medan, diserbu masyarakat Kota Medan yang ingin mendapatkan pengalaman tersebut.

Sabtu (9/5), ribuan warga sudah memadati area kegiatan. Tempat pendaftaran untuk kegiatan Joy Flight, tampak ramai oleh warga. Meski panas menyengat kemarin siang, pengunjung dengan sabar antre di depan pintu pesawat CN 295 yang sudah parkir di sisi kanan Pangkalan TNI AU Soewondo. Mereka berharap namanya akan dipanggil petugas dari TNI AU untuk bisa ikut terbang dengan pesawat yang mampu terbang sampai ketinggian 25.000 kaki itu dan dipiloti oleh Mayor Pnb Dhian.

Sayangnya dari banyaknya pengunjung yang antre, hanya 70 nama yang dipanggil dan bisa ikut dalam penerbangan ketiga kali yang dilakukan pesawat tersebut. Setelah 70 orang yang beruntung masuk, pintu pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia ini pun ditutup dan siap untuk lepas landas. Salah satu warga yang beruntung itu adalah, Yudi, 40. Dia datang sejak pagi bersama anaknya agar bisa ikut terbang dengan pesawat terbang transport militer taktis dengan dua mesin turboprop itu.

Usahanya tidak sia-sia, dia telah merasakan terbang dengan pesawat TNI mengelilingi Kota Medan. “Yang saya tahu jadwal terbangnya pagi dan sore. Makanya datang cepat biar dapat terbang. Akhirnya dapat terbang, keliling-keliling Medan dengan pesawat TNI. Walaupun cuma sekitar 15 menit, tapi seru bisa melihat Medan dari berbagai sudut,” tuturnya.

Lain halnya dengan Dian, 35, warga Medan Kota. Meskipun dia ingin juga terbang dengan pesawat CN 295 itu, dia membatalkan niatnya mendaftar Joy Flight karena antrean yang sangat panjang. “Yang mendaftar banyak sekali, takutnya nggak juga bisa ikut hari ini. Jadi saya batalkan dulu.

Kasih kesempatan buat yang lain. Saya lihat atraksinya saja dulu,” ujarnya. Pengunjung lainnya, Bobby, 28, warga Kecamatan Medan Denai, lebih memilih mengitari lokasi Medan Air Show dan menyaksikan berbagai kegiatan yang digelar kemarin. Bobby rela datang setiap hari sejak kegiatan ini mulai digelar pada Kamis (7/5), agar bisa terus menyaksikan atraksi-atraksi dirgantara.

“Saya datang sejak kegiatan ini dibuka pukul 10.00 WIB. Dari pagi sangat ramai. Ada anak sekolah juga yang datang ramai-ramai dari sekolahnya. Sepertinya sudah lebih dari seribu orang datang ke acara ini,” ucap dia. Koordinator Kegiatan Penerbangan Joy Flight, Mayor Kal Frans Siregar menjelaskan, animo masyarakat dari hari pertama hingga hari ketiga untuk mendaftar Joy Flight dengan pesawat CN295 TNI AU, sangat tinggi.

Warga yang ikut terbang berasal dari berbagai kalangan. “Warga melihat kesempatan bisa ikut terbang bersama pesawat TNI AU dengan prosedur yang tidak sulit,” ujarnya. Frans Siregar menjelaskan, jadwal Joy Flight selama Meda Air Show disesuaikan dengan jam terbang pesawat, tergantung kondisi cuaca, animo masyarakat, dan standar yang harus dipenuhi.

Sebab, ada batasan berapa kali pesawat bisa melakukan take off (lepas landas) maupun landing (mendarat). “Jadi untuk pesawat CN 295 yang dipakai ini, take off landing empat hingga lima kali masih dalam batasan wajar sehingga hari ini akan dilaksanakan empat kali penerbangan,” tuturnya kemarin.

Dia mengungkapkan, sejak Medan Air Show digelar, jadwal Joy Flight terbanyak dilakukan kemarin hingga lima kali terbang dengan jumlah penumpang 70 orang per flight dan 80 orang penumpang di penerbangan terakhir. Padahal, pada hari pertama, Joy Flight hanya dilakukan sekali dengan jumlah penumpang 50 orang.

Kemudian di hari kedua ada tiga kali penerbangan dengan jumlah penumpang 70 orang setiap kali terbang. “Rencana kami hari ini dilakukan dua penerbangan saja, tapi melihat animo masyarakat yang tinggi kami buka menjadi lima kali. Cuaca juga mendukung dan masih banyak yang mengantre,” tuturnya.

Selain Joy Flight , kata Frans Siregar, pengunjung Medan Air Show juga dihibur dengan kegiatan olahraga kedirgantaraan, di antaranya terjun payung, pertunjukan para motor, para layang, dan aero modeling. Warga Kota Medan pun bisa leluasa berfoto di sekitar pesawat-pesawat tersebut, menyaksikan kompetisi merakit pesawat, pameran batu akik, dan pemilihan putra-putri dirgantara.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Suwondo Medan, Jhoni Tarigan menuturkan, untuk mencoba pengalaman terbang bersama pesawat milik TNI AU ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp50.000 - 100.000. Keamanan dan kenyamanan berkeliling Medan menggunakan pesawat ini terjamin lantaran prosedur penerbangan yang digunakan mengacu pada operasional TNI AU.

Siti amelia
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9631 seconds (0.1#10.140)