Siapkan Mobil Layanan Masyarakat

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:31 WIB
Siapkan Mobil Layanan Masyarakat
Siapkan Mobil Layanan Masyarakat
A A A
MOBIL bernomor polisi D 1324 FZ bertuliskan “Mobil Layanan Sosial Masyarakat Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah” yang terparkir di halaman kantor Pemkab Tasikmalaya, Jalan Pemuda, Kota Tasikmalaya, cukup menyita perhatian.

Pasalnya, mobil berwarna hijau itu berpelat nomor hitam atau jelasjelas mobil pribadi yang disulap menjadi kendaraan operasional demi melayani masyarakat. Usut punya usut, mobil pribadi itu ternyata sengaja disediakan Kepala Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Yayan Siswandi untuk warga masyarakatnya yang membutuhkan.

Terutama warga kurang beruntung dan membutuhkan layanan kesehatan yang paling utama, terlebih lokasi desa yang berada di pelosok cukup sulit untuk mendapatkan layanan tersebut. Pascaterpilih menjadi Kepala Desa dengan raihan suara lebih dari 70 persen beberapa waktu lalu, Yayan yang juga menjabat Ketua PK KNPI Kecamatan Cipatujah ini dikenal memiliki pemikiran maju sehingga berbagai inovasi dan perubahan kebijakan pemerintahan dijalankannya.

Termasuk penyediaan mobil khusus layanan masyarakat ini yang ternyata memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Jika harus menggunakan ambulan milik pemerintah biayanya justru lebih mahal, karena plat merah harus menggunakan BBM pertamax. Terlebih ambulan yang hanya ada satu di setiap puskesmas, tidak bisa melayani seluruh warga terutama yang berada dipelosok.

Makanya penyediaan mobil layanan seperti ini sepertinya harus mulai dipikirkan oleh pemerintah, minimal satu desa satu agar pelayanan kesehatan bisa terlayani dengan baik,” ungkap Yayan. Yayan menyebutkan, mobil layanan ini pada kenyataannya justru tidak hanya digunakan warga di Desa Padawaras saja.

Melainkan warga dari daerah lain pun terkadang meminjamnya. Pihaknya pun tidak bisa menghalangi karena kondisi masyarakat yang membutuhkan sangat urgen. “Di Cipatujah itu hanya ada di desa saya saja, di Kecamatan Karangnunggal ada satu lagi di Cidadap. Karena banyak yang memakai akhirnya terkadang mobil mengalami kerusakan dan itu menjadi tanggungan saya,” jelasnya.

Dahlan, 38, warga yang ditemui menggunakan mobil ini mengatakan, sangat terbantu dengan kepala desanya yang menyediakan transportasi kendaraan layanan ini. “Bukan hanya untuk membawa pasien rujukan atau warga yang sakit ke RSUD saja, tetapi layanan kebutuhan lainnya pun suka digunakan.

Seperti saya dan beberapa warga lain yang membutuhkan saat ini ke dinas, kami rembugan iuran menggunakan mobil ini ke Pemkab Tasikmalaya,” kata Dahlan. Caption : Mobil layanan sosial Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, pada saat terparkir di Eks Gedung Setda Pemkab Tasikmalaya di Jalan Pemuda Kota Tasikmalaya belum lama ini yang mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Nanang kuswara
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5497 seconds (0.1#10.140)