Soemarmo Ingin Gabungkan Dua Koalisi

Minggu, 10 Mei 2015 - 09:59 WIB
Soemarmo Ingin Gabungkan Dua Koalisi
Soemarmo Ingin Gabungkan Dua Koalisi
A A A
SEMARANG - Keinginan Soemarmo HS menyatukan partaipartai pendukung dalam Pilwalkot Semarang 2015 bukan omongan belaka. Kemarin mantan Wali Kota Semarang itu secara resmi mendaftarkan diri ke Koalisi Tugumuda yang diusung oleh partai PKS, Golkar, dan Demokrat di sekretariat pendaftaran calon wali kota-wakil wali kota Koalisi Tugumuda di Jalan Veteran Kota Semarang.

Sebelumnya, Soemarmo juga telah mendaftar di Koalisi Garuda-Matahari yang diusung Partai Gerindra-PAN. “Seperti yang sudah saya bilang, saya ingin menyatukan partai- partai yang saat ini menduduki legislatif. Sebab, ini bagian dari upaya saya untuk membangun kembali Kota Semarang.” Karena untuk membangun Kota Semarang butuh dukungan penuh dari legislatif,” tandas Soemarmo seusai mendaftar.

Disinggung mengenai seberapa besar kemungkinan dirinya akan diusung oleh dua koalisi partai besar itu, Soemarmo hanya tersenyum. Menurutnya, semua keputusan itu diserahkan sepenuhnya melalui mekanisme koalisi masing-masing partai. “Tentunya komunikasi secara intensif sudah kami lakukan, namun hanya sebatas komunikasi. Saya serahkan semua mekanisme ke partai koalisi untuk tahapantahapannya.

Kalau memang saya dipercaya dan diberikan amanah untuk kembali memimpin Kota Semarang, saya siap,” tandas Soemarmo. Ketua Penjaringan Koalisi Tugumuda Agung Budi Margono menerangkan, hingga sore kemarin sudah ada delapan nama yang mendaftarkan diri ke sekretariat. Dari delapan nama yang sudah mendaftar, belum semuanya mengembalikan formulir pendaftaran.

“Masih ada beberapa yang belum mengembalikan, kami tunggu hingga nanti malam pukul 24.00 WIB (tadi malam),” ujarnya. Agung menambahkan, Koalisi Tugumuda memang tidak menargetkan banyak yang mendaftar. Pihaknya menekankan hanya akan melayani orangorang yang serius maju dalam Pilwakot Semarang 2015. “Hanya orang-orang yang benar-benar niat maju yang akan kami dampingi.

Kami tidak menargetkan harus banyak yang mendaftarkan diri,” ucapnya. Disinggung mengenai kemauan salah satu calon bernama Soemarmo untuk menggabungkan dua koalisi besar, yakni Koalisi Tugumuda dengan Koalisi Garuda-Matahari, Agung menanggapi santai. Menurutnya, hal tersebut dalam dunia politik adalah hal yang wajar. “Itu (koalisi) mungkin saja terjadi, namun kami saat ini masih fokus untuk mendampingi para calon yang sudah mendaftarkan diri ke koalisi ini.

Untuk nantinya apakah anggota koalisi akan ditambah dengan partai lain atau mandiri, kami belum dapat memastikan,” paparnya. Setelah proses penjaringan selesai, pihaknya akan menyaring calon-calon yang sudah terdaftar. Rencananya hari ini pihaknya akan memanggil calon yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir ke koalisi.

“Akan kami ajak duduk bersama bagi calon yang sudah mendaftar itu. Untuk penentuan siapa yang akan diusung oleh koalisi, itu nanti karena harus melalui proses mekanisme cukup panjang,” tandas Agung.

Andika prabowo
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7065 seconds (0.1#10.140)