Pasar Johar Terbakar

Minggu, 10 Mei 2015 - 09:58 WIB
Pasar Johar Terbakar
Pasar Johar Terbakar
A A A
SEMARANG - Kebakaran hebat melanda Pasar Johar Kota Semarang tadi malam. Kejadian tersebut menghanguskan ratusan los dan kios milik para pedagang di Blok A.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugiaan material diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Informasi yang dihimpun KORAN SINDO di lokasi kebakaran menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Namun api mulai membesar sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dan 12 tangki PDAM dikerahkan untuk melokalisasi api untuk memadamkan amukan si jago merah. Hingga pukul 23.30 WIB, puluhan petugas masih bekerja keras memadamkan api yang sudah menyeberang ke Pasar Yaik Baru. Kebakaran tersebut juga membuat arus lalu lintas di Jalan KH Agus Salim macet total.

Petugas kepolisian dibantu instansi terkait menutup ruas jalan itu untuk memudahkan upaya pemadaman. Petugas juga terlihat ikut membantu mengeluarkan barangbarang dagangan milik para pedagang. Salah seorang padagang, Musa mengatakan, tiga kios miliknya berisi kain ludes terbakar dan sama sekali tidak ada yang bisa diselamatkan. Kios milik Musa ini posisinya berada di tengah pasar.

Musa hanya bisa pasrah melihat api menghanguskan bangunan kiosnya dari jauh. “Saya mengalami kerugian ratusan jua rupiah, dagangan kain mudah terbakar,” kata dia. Pedagang lain, Teguh mengaku baru saja pulang ke rumah usai menutup kiosnya. Dia baru tahu kiosnya terbakar setelah mendapat infromasi dari warga. “Saya dikabari langsung saya dating ke lokasi.

Tapi api sudah besar. Kios saudara saya kios pakaian, di atasnya ada kios buku,” kata dia. Penjual kosmetik di Pasar Yaik, Friska mengaku hanya bisa menyalamatkan sebagian dagangannya, karena baru tahu kebakaran itu pukul 22.00 WIB. “Saya hanya pasrah," ucap dia. Dia menuturkan, api diduga muncul dari salah satu kios pakaian. Pasar dua lantai itu berisi ratusan kios.

Bangunan lantai satu pasar tersebut dihuni sebagian besar oleh pedagang pakaian, sementara lantai dua dihuni para pedagang buku. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat memantau kebakaran mengatakan, sudah mengerahkan semua pemadam kabakaran dan tangki PDAM. “Saya belum bisa memberikan keterangan banyak, saat ini masih evakuasi,” kata dia.

Hendi menduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Sebagaimana diketahui, Pasar Johar merupakan pasar bersejarah di Kota Semarang. Pasar yang terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah itu dibangun pada 1933. Pada 2007, wacana revitalisasi Pasar Johar mengemuka.

Saat itu Pemkot memperkirakan butuh Rp600 miliar untuk merevitalisasi pasar tersebut. Detail engineering design (DED) tahun 2007, bangunan Pasar Johar akan dikembangkan menjadi 6 lantai. Pada 2010, Pemkot menggelar menggelar sayembara desain kawasan Pasar Johar.

Amin fauzi/ muh slamet
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5815 seconds (0.1#10.140)