Sabda Raja Target Sultan HB X Jadikan Putrinya Ratu

Sabtu, 09 Mei 2015 - 16:51 WIB
Sabda Raja Target Sultan HB X Jadikan Putrinya Ratu
Sabda Raja Target Sultan HB X Jadikan Putrinya Ratu
A A A
YOGYAKARTA - Sabda raja dan dawuh raja dari Sri Sultan HB X dinilai sebagai langkah untuk memuluskan putri sulungnya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi sebagai penerus takhta kerajaan.

Pengageng Tepas Dwarapura Keraton Ngayogyakarta, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Jatiningrat mengatakan, hanya mengakui paugeran keraton yang selama ini dijunjung tinggi.

"Mengakui atau tidak (Sabda raja dan dawuh raja), saya berpegang kepada paugeran saja,"
tegasnya, Sabtu (9/5/2015).

Pria yang akrab disapa Romo Tirun ini menilai, Sabda raja dan dawuh raja yang dikeluarkan Sri Sultan HB X tujuan utamanya hanya untuk mempermudah langkah agar putri sulung raja, GKR Mangkubumi menjadi pewaris tahta.

"Targetnya kan adalah njumenengke (mengangkat) perempuan, niatnya ya itu," ujarnya.

Imam Masjid Rotowijayan keraton ini mengingatkan, janji Sultan HB X saat jumenengan (bertahta) meneruskan ayahnya, Sri Sultan HB IX.

"Janji Sultan HB X saat naik takhta pada Sultan HB IX saat itu antara lain tidak akan melanggar paugeran nagari (Keraton Yogyakarta). Kenyataannya paugeran diingkari," ungkapnya.

Romo Tirun menegaskan, tidak takut statemennya untuk mengingatkan janji Sultan HB X ini akan membuatnya dimarahi sang raja. Dia tidak khawatir Sultan HB X murka.

"Ya biarkan saja, silakan saja. Kalau saya, katakan yang benar adalah benar, yang salah ya salah. Itu harus berani. Itu termasuk janjinya saat jumenengan, saya kan mengingatkan sebagai pimpinan harus seperti ini," beberanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)