Tiap Menit GAD Dipantau

Senin, 04 Mei 2015 - 12:54 WIB
Tiap Menit GAD Dipantau
Tiap Menit GAD Dipantau
A A A
PAGARALAM - Kendati kondisi aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) sudah masuk dalam zona stabil, petugas Pos Pemantau Gunung Api Pusat Mitigasi Bencana Geologi dan Vulkanologi di Kota Bandung terus memantau.

Kepala Pos Pemantau GAD Mul yadi menuturkan, aktivitas GAD tidak pernah luput dari pemantauan pihaknya. Terlebih lagi, Badan Pusat Vulkanologi Bandung terus berkoordinasi dengan pihaknya mengenai kondisi GAD terkini. “Setiap menit terus kita pantau aktivitas GAD. Tak luput jika terjadi aktivitas yang besar maupun kecil dilaporkan keBadan Pusat Vulkanologi Bandung,” ungkap Mulyadi, kemarin.

Koordinasi yang pihaknya lakukan untuk mengetahui kondisi kekinian GAD. Terlebih lagi, untuk menaikkan dan menurunkan status GAD kewenangan mereka. Untuk itulah, laporan tidak bisa dibuat-buat dan benar berdasarkan fakta di lapangan. “Apa yang terekam itu yang kita laporkan. Sebab, jika kondisi naik akan banyak dampak ditimbulkan,” ujarnya.

Untuk saat ini, kondisi kekinian GAD masih stabil meskipun berada di level 2 waspada. Kegempaan mengalami penurunan. Jika ada peningkatakan, akan diinformasikan lebih lanjut sehingga masyarakat bisa mengantisipasi lebih dini. “Kondisi stabil berada dilevel 1. Kemudian, waspada level 2, siaga level 3 dengan kondisi kegempaan yang lebih sering dan level 4 awas menandakan GAD akan meletus.

Semua itu ada tahapannya dan tidak bisa dibuat-buat,” tukasnya. Secara terpisah, Plh Sekretaris Daerah Pagaralam Yapani Rahim mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menyiagakan Tim SAR, Tagana dan pihak terkait lainnya. Hal ini sebagai upaya antisipasi jika suatu saat GAD akan meletus. “Antisipasi dini sangat penting. Pasalnya, kita tidak mengetahui kapan akan meletus. Jadi, jika benar terjadi kita sudah siap dan bisa mencari tempat aman,” ucapnya.

Yayan darwansah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)