Polda Kerahkan 15.250 Personel

Kamis, 30 April 2015 - 10:15 WIB
Polda Kerahkan 15.250 Personel
Polda Kerahkan 15.250 Personel
A A A
BANDUNG - Polda Jabar mengerahkan 15.250 personel untuk mengamankan peringatan Hari Buruh se-Dunia atau May Day besok atau Jumat 1 Mei.

Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya telah ber koordinasi dengan Mabes Polri untuk me ngawal dan me ngamankan May Daymen datang. Sejumlah ang gota serikat buruh di Jabar yang akan berangkat ke Jakar ta. “ Kami akan fasilitasi yang akan berangkat nanti. Tapi kami himbau jangan terlalu banyak, meng hindari kepadatan lalu lintas,” kata Iriawan di Ma polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, kemarin.

Kapolda mengemukakan, kepo lisian telah bertemu de ngan anggota dan pimpinan serikat buruh un tuk bekerja sama terkait pengamanan May Day yang telah menjadi hari libur na sional itu. “May Day merupakan ultah (ulang tahun) buruh yang harus dirayakan secara positif,” tutur Kapolda.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar Hening Widyatmoko mengimbau kepada para buruh di Jabar untuk menggelar kegiatan positif dibanding melakukan aksi unjuk rasa. “Kami bersama buruh menyiap kan kegiatan pra dan pasca-May Dayagar buruh lebih positif mengisi May Day,” kata Hening.

Dia mengungkapkan, pada 30 April ini, buruh akan me lakukan bakti sosial ke Panti Asuhan di kawasan Jalan Malabar, Kota Bandung. Sementara pada 7 Mei mendatang, Dis na ker trans dan buruh akan meng gelar seminar untuk mening kat kan kapasitas buruh dalam bernegosiasi dengan peng usaha. Seminar ini digelar di kantor Disnakertrans Jabar, Jalan Soe karno-Hatta, Kota Ban dung.

Menurut Kadis, kemam - puan bernegosiasi sangat penting bagi buruh agar tuntutan mereka bisa diterima para pengusaha. “Kami bekali buruh tek nik bernegosiasi karena buruh dan pengusaha merupakan partner,” tutur Kadis. Hening berharap kepada buruh untuk memanfaatkan May Day sebagai ajang introspeksi diri. Apakah perjuangan yang selama ini telah berhasil meningkatkan kesejahteraan kaum buruh.

“May Day bukan ajang hurahura. Yang lebih penting mencari solusi bagaimana meningkatkan kesejahteraan buruh. Apa artinya melakukan demo jika tanpa hasil,” ujar Hening. Sementara itu, Ketua Apindo Jabar Dedy Widjaja mengatakan, pelaku industri (buruh) telah siap menyambut May Day. Namun buruh diimbau tetap tertib saat melakukan aksi unjuk rasa. Hal ini demi menjaga keamanan negara. “Silakan menyampaikan unek-uneknya. Itu hak buruh,” tutur Dedy.

Buruh Jabar Serbu Jakarta

Sedikitnya 5.000 buruh yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Se rikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC K-SPSI) Kabupaten Ka rawang akan berangkat ke Jakarta untuk mendukung aksi nasional memperingati hari buruh, Jumat (1/5). Sekitar 100 bus dipersiapkan panitia acara untuk memberangkatkan para buruh ke Jakarta.

Sementara itu, Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Ci mahi berencana akan menurunkan massa sebanyak 500 orang ke Jakarta pada peringatan May Day. “Kami akan bawa sekitar 500 orang. Armada bus un tuk mengangkut massa sudah tertanggulangi,” ungkap Ketua DPC SPN Kota Cimahi Dadan Sudiana di markas SPN Kota Cimahi di Jalan Raya Nanjung Kota Cimahi, kemarin.

Agie permadi/ Yugi prasetyo/ Nilakusuma/ Nur azis
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9701 seconds (0.1#10.140)