Pagar Rumdin Bupati Tak Terawat

Rabu, 29 April 2015 - 10:54 WIB
Pagar Rumdin Bupati Tak Terawat
Pagar Rumdin Bupati Tak Terawat
A A A
MUARAENIM - Kondisi pagar yang mengelilingi rumah dinas Bupati Muaraenim atau yang lebih sering disebut Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) kondisnya sangat tidak terawat.

Dari pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, di beberapa bagian, seperti sisi kiri yang berbatasan langsung dengan Jalan Proklamasi kondisi pagarnya sudah miring dan nyaris roboh. Sementara di bagian depan, kondisi pagar tersebut mulai dipenuhi tumbuhan liar. Kondisi ini sangat memprihat in kan karena bangunan ini menjadi tempat bermalam orang nomor satu di Kabupaten Muaraenim dan tempat menginap tamu sang bupati maupun tamu Pemkab Muaraenim.

Plt Sekda Kabupaten Muaraenim Hasanudin tidak menampik kondisi ini. Ia juga mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Padahal menurutnya, rumah dinas bupati tersebut adalah rumah negara, dan yang jelas menurutnya, tamu-tamu penting yang berkunjung keMuaraenim sering bermalam di sana. “Memang tak bisa dipungkiri, kondisinya memang seperti tidak terawat dan tidak ada perhatian sama sekali,” katanya, kemarin.

Ia bahkan sudah menyampaikan hal ini saat rapat persiapan penilaian tim Adipura di Muaraenim beberapa waktu lalu. Ia bahkan mengatakan, kondisi pagar rumah dinas tersebut seperti luput dari perhatian, padahal pihak atau instansi terkait seringkali berada di sana. “Itu rumah negara, kondisinya harus kita jaga dan kita perhatikan jangan sampai seperti itu,” ujarnya.

Bahkan menurut Hasanudin, jika tidak salah pagar rumah dinas tersebut dibangun pada tahun 2003 atau semasa almarhum Kalamudin Djinab masih menjabat sebagai Bupati Muaraenim dan tinggal di BASS. “Jika memang selama ini tidak ada perawatan dan perhatian, wajar saja kondisinya seperti ini,” katanya. Kondisi lebih miris lagi terlihat pada pagar pada bagian depan BASS. Selain kondisi cat pada tiang pagar yang sudah mengelupas, rumput perdu juga tampak menutupi pagar.

Selain itu, tanaman penghijauan yang ditanam dipinggir pagar juga tampak tidak di pangkas sama sekali dan “menghutankan” pagar tersebut. Padahal, bagian depan pagar tersebut berbatasan langsung dengan Jalan Sultan Mahmud Badarudin II (SMB II) yang untuk saat ini menjadi ruas Jalinsum sehingga kendaraan dari luar daerah lalu lalang di depan pagar. Kondisi pagar rumah dinas bupati yang sudah kelihatan miring khususnya disisi Jalan Proklamasi, juga mendapat tang gapan masyarakat dan peng guna jalan.

Karena menurut warga, jika masuk atau hendak keluar Jalan Prok lamasi, jelas akan kelihatan kalau pagar tersebut kondisinya sudah miring. Padahal menurut warga, seringkali para pemangku dan pengambil ke bijakan berkumpul dan mengadakan acara di BASS. Hanya saja kondisi pagar tersebut luput dari perhatian. “Mungkin nunggu roboh baru kelihatan,” kata Ikromi, 35, warga Jalan TPA Muaraenim.

Irhamudin sp
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7561 seconds (0.1#10.140)