Bupati Purwakarta Ancam Bubarkan Demo Buruh

Selasa, 28 April 2015 - 15:41 WIB
Bupati Purwakarta Ancam Bubarkan Demo Buruh
Bupati Purwakarta Ancam Bubarkan Demo Buruh
A A A
PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengecam akan membubarkan aksi buruh jika kembali menggelar ujuk rasa kenaikan upah pada May Day atau hari buruh yang jatuh pada 1 Mei mendatang.

Pasalnya, penghasilan buruh di sektor manufaktur di Kabupaten Purwakarta saat ini sudah di atas angka Rp 3 juta.

Dedi menjelaskan, upah buruh di sektor manufaktur saat pertama masuk minimal sudah di angka Rp 3,2 juta. Kemudian, buruh yang sudah bekerja di atas 5 tahun bisa mencapai di atas Rp 4 juta.

"Karena sektor manufaktur ini sudah gede, makanya kalau masih ada demo nuntut upah naik, dibaledog ku aing (dilempar sama saya)," sebut bupati yang akrab dipanggil Kang Dedi ini, Selasa (28/4/2015).

Dijelaskan, hal yang sama dialami buruh yang bekerja di sektor garmen. UMK Purwakarta di sektor padat karya saat ini untuk yang baru masuk kerja mencapai Rp 2,1. Sedangkan untuk buruh yang bekerja di atas 5 tahun mencapai Rp 2,6 juta.

"Untuk sektor garmen di Purwakarta dalam hitungan saya sudah relatif ama UMK sekarang yang sudah berlaku. Apalagi di sektor garmen ada lembur, penghasilannya bisa mencapai Rp 3 juta lebih," ujarnya.

Oleh karena itu pada perayaan May Day nanti, Bupati yang kerap berpenampilan nyentrik ini berharap kalangan buruh justru memperjuangkan kalangan pekerja di sektor informal, itu dinilainya lebih penting.

"Tidak ada alasan lagi buruh di Purwakarta minta kenaikan upah. Serikat buruh harus memperjuangkan teman-teman buruh di sektor pekerja informal," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6597 seconds (0.1#10.140)