Ustaz Basri Pernah Sembunyikan Pelarian Teroris Poso

Jum'at, 24 April 2015 - 21:04 WIB
Ustaz Basri Pernah Sembunyikan Pelarian Teroris Poso
Ustaz Basri Pernah Sembunyikan Pelarian Teroris Poso
A A A
MAKASSAR - Gerakan radikal yang dibawa Pimpinan Pondok Pesantren Tahfinzul Quran Ustaz Basri kini terkuak. Pria dengan ciri berjenggut dan memiliki vokal suara keras ini diduga terlibat jaringan Islam radikal ISIS.

"Penangkapan Ustaz Basri sudah sesuai dengan prosedur dan keterlibatannya dalam jaringan teroris dan paham radikal Islam State Iraq dan Syiriah (ISIS)," kata Kapolda Sulselbar Irjen Pol Anton Setiadji, Jumat (24/4/2015).

Ditambahkan dia, Ustadz Basri diduga terlibat jaringan terorisme dan pernah menampung pelaku teroris Ambo Uce yang ditangkap di Wajo. Selain Ambo Uce, Ustaz Basri juga menampung sejumlah terduga teroris lainnya.

"Ustadz Basri juga menampung pelarian kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso, di Poso. Selain itu, dia juga terindikasi melakukan perekrutan dan pembaiatan ISIS," terangnya.

Sekedar diketahui, pada Juni 2014, di Mesjid Ridha, Ustaz Basri membaiat ratusan anggota ISIS. Saat itu, Ustaz Basri beralasan baiat yang dilakukannya merupakan bagian dari syariat Islam.

Sementara itu, salah satu pengelola mesjid Ridha, Udin mengatakan, Ustaz Basri pernah menjadi penanggung jawab Tahfidzul Quran di Masjid Ridha. Namun dikeluarkan oleh masyarakat setempat, kemudian mendirikan pondok pesantren sendiri.

Baca juga:
Ustaz Basri Diduga Otaki Pengeboman Kantor Gubernur Sulsel
Terlibat MIT, Ustaz Basri Dibekuk Densus 88
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)