Pedagang Diultimatum Kosongkan Pasar Rebo

Jum'at, 24 April 2015 - 08:56 WIB
Pedagang Diultimatum Kosongkan Pasar Rebo
Pedagang Diultimatum Kosongkan Pasar Rebo
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta ultimatum pedagang Pasar Rebo untuk segera mengosongkan pasar yang mereka tempati.

Para pedagang di minta segera mengisi lahan Pasar Sim pang-Rebo. Sebelumnya, pemkab telah memberikan surat peringatan pertama pada 13 April 2015. Na mun, para pedagang ter kesan tidak menggubris pe ringatan tersebut. Kini, pemerintah ke mbali mengultimatum para pe d agang untuk segera mengosongkan lahan melalui surat peringatan kedua tertanggal 20 April. “Jika dalam waktu tujuh hari tidak mengosongkan la han, kami akan segera me mak sa untuk segera mengosongkan lahan,” ujar Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara di Purwakarta, kemarin.

Dadan mengaku, telah memiliki kuasa penuh untuk memak sa para pedagang segera me ngosongkan pasar rebo. Terlebih lagi, pemerintah mengacu pada putusan kasasi Mah ka mah Agung Nomor 2100K/ PDT/ - 2013 16 April 2014. Pu tus an itu memutuskan gugatan perbuatan melawan hukum dari para pedagang tidak di terima. “Karena sudah ada putusan itu, kami berhak meminta para pe dagang untuk segera mengosongkan lahan,” ujar Dadan.

Sementara itu, Ketua Ikatan War ga Pasar (Iwapa) Rebo Zaenal Mutaqien tetap keukeuh akan berdagang di Pasar Rebo. Mes kipun telah ada putusan kasasi Mahkamah Agung. “Tetap kami akan bertahan di sini me ski dipaksa dan ada putusan MA. Apalagi, tanah itu se benarnya tidak dikuasai siapa pun,” ujar Zaenal. Dia menjelaskan Pasar Rebo sudah ditempati para pedagang sebanyak kurang lebih 1.000 ped agang sejak 1834. Ke mudian, tiba-tiba pemerintah berencana memindahkan mereka ke daerah lain.

“Sebenarnya tanah Pasar Rebo ini tidak dikuasai siapa pun karena Pemkab Purwakarta sendiri tidak menguasai tanah itu. Di persidangan pun pemerintah cuma bisa membukti kan bahwa tanah itu hanya hak pakai. Entah apa maksudnya?” ujarnya.

Didin jalaludin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7362 seconds (0.1#10.140)