Cegah Kanker Serviks sejak Dini

Senin, 20 April 2015 - 10:37 WIB
Cegah Kanker Serviks...
Cegah Kanker Serviks sejak Dini
A A A
BANDUNG - Kanker serviks dianggap sebagai penyakit mematikan yang menyerang perempuan setelah kanker payudara. Oleh karena itu, setiap perempuan didorong untuk melakukan deteksi dini sebagai upaya pencegahan.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan d alam acara Sosialisasi Pen yu luhan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim pada Perempuan Indonesia bersama Ketua Tim Peng gerak (TP) PKK Jabar Netty Heryawan di area car free day (CFD) Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, kemarin.

Gubernur yang akrab disapa Aher ini mengatakan, perempuan menjadi penentu kehidupan se buah bangsa. Namun, faktor ekonomi, kemiskinan dan pendidikan seringkali menjadi kendala perempuan tidak me nge na li kesehatan reproduksinya. “Kepada perempuan Jawa Barat periksalah kesehatan reproduksinya agar terhindar dari kan ker serviks atau kanker mu lut rahim. Kami juga berharap ag ar semua pihak turut serta me nyelamatkan perempuan,” ujar Aher.

Ketua TP PKK Jabar Netty Heryawan menjelaskan, acara so sialisasi ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kartini yang dikaitkan dengan upaya un tuk membangun kesadaran di tengah masyarakat tentang Ge rakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Ra him pada Perempuan Indone sia. Hal ini dilakukan mengingat kan ker seviks merupakan penyakit mematikan setelah kanker payudara.

“Perempuan merupakan subjek pembangunan yang tidak boleh terpinggirkan da lam konteks pembangunan kesehatan. Sebab, perempuan harus sehat sehingga mampu menjalankan tugas dan perannya sebagai pendidik dan pengasuh generasi bangsa,” ucapnya. Netty menyebutkan, menurut data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, sekitar 65.000 perempuan di Jabar sudah me lakukan pemeriksaan di 128 Puskesmas yang dilengkapi tenaga medis yang mempunyai keterampilan melakukan tes inspeksi visual asam asetat (IVA).

Melalui tes IVA yakni dengan pemberian satu bagian larutan cuka dan empat bagian air, kanker serviks dapat terdeteksi deng an cepat. ”Kepada para suami, di harapkan juga mendorong istri dan anak perempuannya untuk memeriksakan kesehatan reproduksi,” imbuh Netty.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Lucyati mendorong seluruh pe rempuan di Jabar untuk mencegah kan ker serviks dengan cara CERDIK yak ni cek kesehatan ber kala, enyah kan asap rokok, rajin berolahraga, diet, istirahat yang cu kup dan kendalikan stres.

Yugi prasetyo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)