6 Siswa Berprestasi di Kota Batu Raih Bea Siswa

Senin, 20 April 2015 - 08:29 WIB
6 Siswa Berprestasi di Kota Batu Raih Bea Siswa
6 Siswa Berprestasi di Kota Batu Raih Bea Siswa
A A A
BATU - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dispora) Kota Batu, akan memberikan bea siswa kepada enam siswa berprestasi yang meraih nilai tertinggi dalam Ujian Nasional (UN) untuk meneruskan pendidikan tinggi.

"Syaratnya, siswa berprestasi itu harus mengambil jurusan pertanian atau pariwisata. Harapan kami, tahun ini banyak siswa berprestasi dan melanjutkan kuliah di PTN dengan mengambil jurusan pertanian atau pariwisata," kata Kadikpora Kota Batu Mistin, Minggu (19/4/2015).

Ditambahkan dia, total bea siswa yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk membiayai perkuliahan dan biaya hidup siswa selama menempuh pendidikan Rp150 jutaan.

"Masing-masing siswa akan diberikan bea siswa Rp25 juta. Nanti, selama proses perkuliahan terus kami awasi. Mulai prestasi akademik, sampai tingkah lakunya. Lalu, masa kuliahnya tidak boleh lebih dari delapan semester," ungkap Mistin.

Ditambahkan dia, selain menyiapkan bea siswa bagi enam siswa berprestasi. Dikpora Kota Batu juga menyiapkan bonus uang Rp1 juta bagi peraih nilai UN 10, untuk satu mata pelajaran.

Untuk jumlah bonusnya lebih Rp20 juta. "Kalau anggarannya kurang, kami ajukan lagi ke dewan saat pembahasan perubahan anggaran kegiatan (PAK) APBD Kota Batu tahun 2015," terangnya.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu Didik Mahmud menyatakan, pihaknya mendukung program pemerintah untuk menyiapkan bea siswa bagi siswa berprestasi di Kota Batu.

Tahun depan, menurut Didik, anggaran untuk bea siswa bisa ditambah. Asalkan pemerintah mengelola anggarannya dengan benar.

"Harapan kami banyak siswa dari Kota Batu kuliah di PTN dengan memanfaatkan bea siswa dari pemerintah. Soal anggaran, bisa dibicarakan bersama," ungkapnya.

Didik berharap, bea siswa bagi siswa berprestasi tidak dibatasi untuk jurusan pertanian dan pariwisata saja. Tetapi juga Jurusan Planologi/Tata Ruang Kota.

"Di Kota Batu butuh seorang pemikir tentang tata kelola ruang kota. Supaya kondisi kotanya tertata dengan rapi dan tidak merusak lingkungan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)