Batu Akik Souvenir KAA Bersertifikat

Jum'at, 17 April 2015 - 19:34 WIB
Batu Akik Souvenir KAA Bersertifikat
Batu Akik Souvenir KAA Bersertifikat
A A A
GARUT - Sebanyak 120 liontin batu akik jenis pancawarna yang akan dijadikan sebagai souvenir Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung, telah disertifikatkan. Ratusan keping batu akik ini disertifikatkan oleh Sujatmiko, seorang geologis asal Bandung.

"Sertifikat ini menyatakan bahwa batu yang dijadikan souvenir KAA tersebut asli batu Indonesia dari Garut. Ir Sujatmiko merupakan geologis yang dituakan," kata Ketua Paguyuban Lasminingrat Gemstone Yudi Nugraha, Jumat (17/4/2015).

Sertifikat ini berupa pernyataan dalam lembaran kertas. Sertifikat dimasukkan kemasan batu akik. "Beliau menorehkan tulisannya sendiri dalam sertifikat itu dan menjelaskan perihal sejarah batu akik tersebut secara ilmiah," ujarnya.

Dengan adanya sertifikat, diharapkan setiap orang yang melihatnya dapat mengetahui asal-usul batu alam yang dihibahkan sebagai kenang-kenangan untuk tamu kenegaraan tersebut. (Baca: Liontin Pancawarna Garut Jadi Souvenir KAA).

"Dengan mengetahui sejarah terbentuknya, maka akan bangga memilikinya," ucapnya.

Liontin batu akik yang akan diberikan dihiasi dengan batangan dari perak, dengan ikatan tali dari bahan kulit asli pengrajin Garut. Biasanya, batu akik ini dihargai antara Rp10juta-Rp15 juta.

"Kalau untuk diberikan dalam KAA nanti itu gratis. Ini sebagai persembahan kami untuk bangsa dan negara," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4961 seconds (0.1#10.140)