Kodam IV/Diponegoro Siapkan Si Pinter

Kamis, 16 April 2015 - 09:27 WIB
Kodam IV/Diponegoro Siapkan Si Pinter
Kodam IV/Diponegoro Siapkan Si Pinter
A A A
SEMARANG - Pangdam) IV/- Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono menggandeng salah satu perusahan operator penyedia jasa telekomunikasi yakni PT Smartfren dan perusahaan informasi teknologi (IT), PT Nagabendu Teknologi Utama untuk memperlancar pekerjaan di kesatuan Kodam IV/Diponegoro terutama dalam hal layanan jaringan telekomunikasi.

Pangdam mengungkapkan, selama ini pihaknya membutuhkan keakuratan data agar para babinsa tidak perlu sulit membuat laporan yang sebelumnya manual, dengan teknologi baru ini mereka tinggal meng-upload dengan teknologi android.

“Sehingga mudah-mudahan datanya bisa diupdate setiap saat secara akurat. Yakni dalam waktu dekat akan disiapkan Sistem Pelaporan dan Informasi Teritorial (Si Pinter). Sistem ini akan siap dan selesai dari segi infrastukturnya dan peralatan ini pada akhir bulan ini paling cepat. Karena ada beberapa hal yang harus dilakukan terkait teknisi,” ujar Mayjen TNI Bayu Purwiyono seusai penandatangan Mou dengan PT Smartfren dan PT Nagabendu Teknologi Utama di Serambi Kehormatan Kodam IV/Diponegoro, Semarang, kemarin.

Penandatangan secara simbolis dilakukan oleh Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNIBayuPurwiyono, DeputyCEO PT Smartfren Telecom Joko Tata Ibrahim dan Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Andi KR Garna.

Jenderal bintang dua ini menyebutkan, total ada sekitar 10.400 buah handphone android yang akan dibagikan kepada para babinsa di wilayah kesatuan KodamIV/Diponegoro. Pangdam juga menyampaikan bahwa para babinsa yang bertugas tidak hanya di perkotaan tapi juga di wilayah seperti di daerah pegunungan dan lembah, karena 96% di wilayah Jawa sudah memiliki jaringan dan terpantau. Dan baru di kodam IV/Diponegoro ini yang menggunakan sistem ini.“ Bapak KSAD juga sudah setuju dengan kerja sama ini,” ucapnya.

Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna mengatakan, dengan kontrak selama dua tahun ini, kerja sama dengan Kodam bisa maksimal. Andi mengaku mengetahui pentingnya keamanan data bagi TNI AD, Kodam IV/Diponegoro cukup sensitif dan tidak ingin banyak diketahui orang. Dengan teknologi Si Pinter ini nantinya akan smooth, andal dan mantap.

Ahmad antoni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)