Rescuer Basarnas Semarang Jalani Uji Kompetensi

Sabtu, 11 April 2015 - 10:44 WIB
Rescuer Basarnas Semarang...
Rescuer Basarnas Semarang Jalani Uji Kompetensi
A A A
SEMARANG - Sebanyak 65 personel rescuer Badan SAR Nasional Kantor SAR Semarang mengikuti uji kompetensi selama dua hari mulai Kamis hingga kemarin. Salah satu tim penguji, Agus Basori mengatakan uji kompetensi ini wajib dilakukan seluruh Kantor SAR di Indonesia.

“Ini untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki rescuer,” ucapnya kemarin. Basarnas, kata dia, adalah instansi yang berkompeten di bidang pencarian dan pertolongan. Pada tugas dan fungsinya memerlukan kemampuan tenaga. Materi yang diujikan adalah tertulis dan praktik. Ujian praktik meliputi 12 item kompetensi, mulai lari 12 menit, push up, sit up, shuttle run , renang, bertahan di air hingga praktik penyelamatan korban dengan berenang yang dipusatkan di Akademi Kepolisian (Akpol).

Untuk uji tertulis dilaksanakan di Basarnas Kantor SAR Semarang di Jalan Bukit Barisan A IV Nomor 09, Perumahan Permata Puri Ngaliyan. Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono berharap semua rescuer lulus di seluruh materi yang diujikan. “Dengan tenaga rescuer yang kompeten, maka pela-yanan jasa SAR akan semakin baik. Semua rescuer juga sudah mengikuti semuanya. Jadi tinggal menunggu saja hasil penilaiannya,” tandasnya.

Eka setiawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6906 seconds (0.1#10.140)