Pussenarmed Laksanakan Panen Raya Padi di Batujajar

Sabtu, 11 April 2015 - 10:34 WIB
Pussenarmed Laksanakan...
Pussenarmed Laksanakan Panen Raya Padi di Batujajar
A A A
BANDUNG BARAT - Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklat TNI AD, melaksanakan panenraya bersama petani penggarap lahan milik TNI AD di Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (10/4).

Komandan Pussenarmed Ko diklat TNI AD, Brigjen TNI Sonhadji mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan dalam tiga tahun. Selain itu hal ini sesuai dengan perintah presiden dalam apel Danrem dan Dandim 2014, diPangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Menurutnya, untuk menindaklanjutinya Kepala Staf TNI AD melaksanakan MoU dengan Menteri Pertanian, dengan menyiapkan dukungan personel dan pemberdayaan lahan tidur.

Termasuk upaya pendampingan dalam rangka mendukung program percepatan pencapaian swasembada pangan. “Pussenarmed sebagai bagian dari TNI AD ambil bagian dalam melaksanakan kesepakatan tersebut untuk mendukung swa sembada pangan,” ujarnya. Salah satu yang dilakukan Pus senarmed, lanjut Sonhadji, dengan memanfaatkan lahan tidur lapangan tembak senjata berat untuk digarap para petani.

Di samping itu juga diberikan pendampingan oleh personel yang telah mengikuti pelatihan, dan membantu terjaminnya ketersediaan pupuk. “Dari luas lahan lapangan tembak 934,323 hektare, terdapat lahan tidur seluas 167,15 hektar yang dijadikan lahan garapan pertanian padi,” jelasnya. Lahan seluas 167,15 hektare, kini digarap oleh 12 kelompok tani, yang terdiri dari 2.590 orang petani penggarap.

Saat ini lahan sawah yang digarap oleh petani merupakan sawah tadah hujan dengan hasil panen sekitar 4 ton per hektare. Dengan status sawah tadah hujan, Sonhadji berharap agar kendala ketersediaan air bisa diatasi oleh pemerintah daerah, dengan mengalirkan air dari Saguling. Begitu juga dengan ketersediaan sarana pendukung hand tractor yang belum dimiliki petani untuk menggarap la hannya. “Diharapkan dengan kedua kendala bisa diatasi, maka hasil panen yang selama ini dihasilkan bisa meningkat,” pungkasnya.

Raden bagja mulyana
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0671 seconds (0.1#10.140)