132 Siswa SD Adu Hebat Tanam Padi

Jum'at, 10 April 2015 - 01:01 WIB
132 Siswa SD Adu Hebat...
132 Siswa SD Adu Hebat Tanam Padi
A A A
KARANGANYAR - Sekitar 132 siswa SD di Kecamatan Matesih, Karanganyar, adu hebat menanam bibit padi.

Mereka yang terbagi dalam 33 regu bahu-membahu menanam padi jenis IR 64 di lahan seluas 300 meter persegi.

Satu regu yang terdiri dari empat siswa, secara bersamaan menanam padi di lahan dengan ukuran yang telah ditentukan.

“Meski bertajuk lomba, ada edukasi yang hendak disampaikan kepada siswa,” kata Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Karanganyar, Aris Ridho, Kamis (9/4/2015).

Pihaknya sengaja mengarahkan para generasi muda untuk melirik kembali dunia pertanian yang semakin ditiggalkan. Mereka harus dikenalkan untuk senang terhadap dunia bercocok tanam. Sebab, selama ini, banyak pandangan bahwa pertanian tidak memiliki masa depan.

Padahal kebutuhan pangan, lanjutnya, tak lepas dari pertanian. Jika pandangan itu dibiarkan, maka Indonesia sebagai negara agraris akan punah. “Kami bermaksud untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak pada pertanian,” lanjutnya.

Meski sederhana, dirinya yakin dampaknya luas apabila gerakan mencintai pertanian terus konsisten dikampanyekan kepada generasi muda. Dia berharap Pemkab Karanganyar juga memberikan dukungan.

Terlebih selama ini, anak anak, terutama yang ditinggal di kota, rata-rata asing terhadap tanaman yang merupakan bahan makanan yang mereka nikmati setiap hari.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengemukakan, sangat penting memperkenalkan kepada anak-anak mengenai cara menanam dan memanen padi. Dirinya berharap generasi muda diarahkan tidak sekedar menjadi petani.

Melainkan pemilik sawah yang mengelola lahan dengan teknologi mekanisasi. “Ini bisa menjadi contoh nasional. Bukan jadi petani, tapi pemilik sawah. Namun penting juga tahu macul (mencangkul) dan nandur (bertanam),” tandasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)