Dua Siswi Hamil di Ciamis Terancam Putus Sekolah

Rabu, 08 April 2015 - 17:25 WIB
Dua Siswi Hamil di Ciamis Terancam Putus Sekolah
Dua Siswi Hamil di Ciamis Terancam Putus Sekolah
A A A
CIAMIS - Dua siswi hamil di Ciamis, Jawa Barat, terancam putus sekolah. Hal itu terungkap berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis Syarif Sutiarsa didampingi anggotanya, Imran.

"Salah satu siswi MTs di Kabupaten Ciamis (RK) sudah satu bulan tidak masuk sekolah lantaran hamil dan satu lagi salah satu siswi SMK swasta kelas XI (IR)," kata Syarif, Rabu (8/4/2015).

Menurut Syarif, siswi MTs sudah satu bulan tidak masuk sekolah, padahal sebentar lagi akan dilaksanakan Ujian Nasional (UN). Sedangkan siswi SMK menurut keterangan mengundurkan diri ke pihak sekolah.

"Dengan fenomena tersebut, kami menegaskan kepada pihak sekolah jangan sampai terjadi pemecatan kepada siswi yang hamil, justru harus memberikan jaminan agar hak mereka mendapatkan perlindungan untuk tetap mengenyam pendidikan," tambah Syarif.

Syarif menjelaskan, hak mendapatkan pendidikan merupakan hal terpenting, karena untuk menjamin masa depan mereka.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Ciamis Imran mengatakan, tidak ada alasan bagi sekolah untuk memberhentikan siswi hamil karena akan mengancam masa depan mereka.

"Ditemukannya dua siswi yang terancam putus sekolah menjadi fenomena yang kemungkinan besar masih banyak yang belum ditemukan," tambahnya.

Selama masih usia sekolah, mereka tetap harus mendapat perlindungan, terutama hak memperoleh pendidikan dan ini menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kebijakan agar siswa/siswi tidak terjebak dalam perilaku seks bebas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7053 seconds (0.1#10.140)