Prof Yos Johan Utama Rektor Terpilih Undip

Jum'at, 03 April 2015 - 09:24 WIB
Prof Yos Johan Utama...
Prof Yos Johan Utama Rektor Terpilih Undip
A A A
SEMARANG - Dekan Fakultas Hukum (FH) Prof Yos Johan Utama terpilih sebagai rektor baru pada Pemilihan Rektor (Pilrek) 2015 Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang dilaksanakan kemarin di Gedung Prof Soedarto Kampus Tembalang.

Dengan perolehan 103 suara, Prof Yos memenangi pemilihan yang dilangsungkan pada rapat senat tertutup mengungguli dua calon lainnya yakni Prof Slamet Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan perolehan 61 suara dan Prof M Arifin dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) dengan 35 suara.

“Dari total anggota senat 131 orang, hadir sebanyak 125 orang dan tiga di antaranya tidak hadir. Dari suara yang diberikan oleh anggota senat yang hadir, kemudian ditambah 71 suara dan Kemenristek dan Dikti (Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), total suara seluruhnya berjumlah 199suara,” ujar ketua panitia Pilrek Undip Prof Sunarso kemarin.

Seusai pemilihan, Prof Yos Johan Utama kepada wartawan menyampaikan bahwa di pilrek tersebut tidak ada yang menang dan kalah. Semuanya adalah pemenang. “Sebab, semua memiliki tujuan sama yakni ingin terus memajukan Undip ke depannya. Jadi, apa pun hasilnya, semuanya adalah pemenang,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, setelah ditetapkan sebagai pemenang, ahli hukum administrasi negara itu juga mendatangi rombongan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang menunggu di luar gedung. Kepada para mahasiswa, dia berjanji menjalankan amanah yang diberikan kepadanya dengan baik. Prof Yos juga menerima pakta integritas yang disampaikan oleh mahasiswa.

Rektor Undip Semarang Prof Sudharto P Hadi mengaku lega Pilrek Undip 2015 dapat berlangsung secara lancar. Dia juga berharap dengan kepemimpinan rektor baru, apa yang sudah berjalan denganbaikpada kepemimpinannya dapat diteruskan.

“Sesuai jadwal, pelantikan rektor baru akan dilaksanakan 14 April nanti. Namun, semua keputusan ada di Kemenristek dan Dikti. Pada 13 April nanti ada pelantikan rektor baru dari tiga PTN berbeda, yakni ITS, UNPAD, dan UNS,” katanya.

Susilo himawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)