Jelang Hari Paskah, Polres Karanganyar Sisir 128 Gereja

Kamis, 02 April 2015 - 12:12 WIB
Jelang Hari Paskah, Polres Karanganyar Sisir 128 Gereja
Jelang Hari Paskah, Polres Karanganyar Sisir 128 Gereja
A A A
KARANGANYAR - Pengamanan sejumlah gereja di Kabupaten Karanganyar diperketat jelangperayaanHari Paskahyang jatuh pada Jumat (3/4).

Kemarin personel Polres Karanganyar melakukan sterilisasi 128 gereja dengan menerjunkan anjing pelacak dan metal detector. Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo mengungkapkan, dari 128 gereja yang disisir, beberapa di antaranya mendapat perhatian ekstra seperti Gereja Katolik Santo Pius di Jalan Lawu, Gereja GKJ Kismorejo di Jaten, dan GKJ Cangakan.

“Kami antisipasi barangbarang yang berpotensi membahayakan dan mengganggu jalannya ibadah,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo usai penyisiran di Gereja Santo Pius kemarin. Untuk pengamanan, Suryo mengaku pihaknya menerjunkan 2/3 kekuatan dan disebar di seluruh berdasarkan skala prioritas. Dia berharap pengamanan inidapatmemberikanrasaaman kepada jemaat untuk menjalankan ibadah secara khidmat.

Dewan Paroki Tim Kerja Keamanan Gereja Santo Pius, RS Sudiyoko mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pamong wilayah untuk membantu proses pengamanan selama ibadah berjalan. “Jadi, mereka akan tahu yang masuk jemaat atau bukan. Jika ada yang mencurigakan, kami akan segera melapor ke pihak keamanan,” ungkapnya. Sudiyoko mengatakan, Gereja Santo Pius mampu menampung 2.500 jemaat.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan Paskah dimulai dengan Kamis Putih, dilanjutkan Jumat Agung, dan Misa Paskah pada hari Sabtu. Untuk acara Kamis putih digelar pukul 19.00 WIB, Jumat Agung pukul 15.00 WIB, Sabtu Paskah pukul 19.00 WIB, dan Minggu Paskah pukul 07.30 WIB.

Ary wahyu wibowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5459 seconds (0.1#10.140)