Polresta Palembang Gelar Razia Jalanan 1-21 April

Senin, 30 Maret 2015 - 11:33 WIB
Polresta Palembang Gelar Razia Jalanan 1-21 April
Polresta Palembang Gelar Razia Jalanan 1-21 April
A A A
PALEMBANG - Aparat Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palembang, besok Selasa, 1 April hingga 21 April 2015 akan mengadakan Operasi Simpatik Musi. Operasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas (Kamseltibcarlantas) bagi warga Palembang.

Kasatlantas Polresta Palembang Kompol Arief Fitrianto mengatakan, operasi simpatik ini lebih ditujukan memberikan pengarahan dan imbauan kepada pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Operasi direncanakan akan di la kukan di beberapa titik, khususnya lampu merah dan titik jalan vital lain. “Operasi ini me mang lebih menonjolkan sisi preventif dan prevensif. Sebab untuk menumbuhkan kesadaran tidak hanya bisa ditum buhkan dengan penindakan hukum,” katanya, kemarin.

Sesuai dengan namanya, lanjut Arief, sisi simpatik anggota polisi akan lebih ditonjolkan. Operasi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk simpati Polri, untuk mencegah atau meminimalisasi kecelakaan lalu lintas akibat kesalahan dan ketidakdisiplinan pengendara. “Dalam operasi ini, beberapa imbauan akan disampaikan kepada pengendara. Baik tata cara berhenti di lampu merah, cara memakai helm, membawa barang, serta tata cara berkendara dengan roda empat. Sasaran dari operasi ini adalah semua pengendara, termasuk pelajar,” ujarnya.

Perwira melati satu itu menambahkan, bagi pelajar, operasi simpatik tersebut penting untuk menanamkan kesadaran sejak dini. Mengingat, saat ini umumnya pelajar sudah menggunakan sepeda motor sendiri ke sekolah. Dengan razia ini, diharapkan mereka nantinya menjadi pengendara yang taat aturan lalu lalu lintas. Selain itu, pihak nya berharap pelajar mampu memberikan pengertian tertib berlalu lintas kepada keluarga nya.

”Meski lebih banyak tindakan preventif, tapi jika memang ada pengendara yang melakukan tindakan pelanggaran yang ti dak bisa ditoleransi, akan tetap kami tindak,” tegasnya. Sebelum melakukan operasi ini, kata Arief sosialisasi telah di la kukan. Termasuk juga menertibkan anggotanya akan kelengkapan surat menyurat berkendara. “Kita tentunya juga akan menertibkan kelengkapan anggota kita juga,” pungkasnya.

Wakasatlantas Polresta Palembang AKP Irwan Andeta menambahkan, menyikapi kondisi lalu lintas di Jalan Simpang Em pat Jakabaring, pihaknya secara khusus mengerahkan anggota untuk menertibkan kawasan itu. Apalagi, pengendara tidak sedikit melintas di bawah fly over yang masih dalam tahap pembangunan.

“Untuk kerawanan dapat terjadi, di kawasan ini. Bisa saja pengendara terkena material atau peralatan dari pembangunan fly over. Guna mengantisipasinya baik kemacetan akibat jalan menyempit, kita menyiagakan anggota dari pagi hingga malam hari untuk pengaturan lalu lintas,” katanya.

Ibrahim arsyad
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)