Wagub Optimistis Perbaikan Sesuai Jadwal

Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:55 WIB
Wagub Optimistis Perbaikan Sesuai Jadwal
Wagub Optimistis Perbaikan Sesuai Jadwal
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur Deddy Mizwar optimistis perbaikan infrastruktur jelang peringatakan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan selesai tepat waktu. Sementara, untuk ke siapan Gedung Merdeka, saat ini hampir rampung. Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat melakukan pemantauan kesiapan peringatan KAA kemarin.

Pada pantauan tersebut, Deddy menyatakan bahwa kesiapan Gedung Merdeka menjadi lokasi utama, nyaris selesai seluruhnya. Deddy optimistis proses perbaikan akan selesai, karena perbaikan dilakukan siang dan malam. Dikatakan Deddy, berbagai persiapan infrastruktur baik itu di dalam dan luar gedung terus dilakukan. “Insya Allah akan selesai tepat waktu,” ujar Deddy kepada wartawan disela-sela pemantauan tersebut.

Untuk bagian dalam Gedung KAA sebagai pusat pertemuan bagi perwakilan 109 negara, dia memastikan sepekan lagi atau paling lama pada 3 April akan beres. Adapun untuk luar gedung, seperti infrastruktur jalan dan trotoar di Jalan Asia Afrika, Deddy mempersilahkannya menanyakan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. “Untuk di luar gedung seperti jalan dan trotoar silahkan tanya sama Ridwan Kamil ya,” jelasnya.

Deddy yang didampingi sejumlah perwakilan dari Gedung Merdeka meninjau dalam dan luar gedung. Dia sesekali menanyakan kepada pengelola tentang teknis pengerjaan. Dia ingin semua persiapan dipastikan selesai. Sebab, dia ingin para tamu undangan memiliki baik sepulang KAA. Dia berharap, KAA ke-60 di Bandung ini harus dijadikan momen pemersatu bangsa. Lewat Bandung, dia ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki warisan istimewa yang lahir di sini.

“Intisari dari KAA, bahwa kita tunjukan kekuatan membangun sebuah bangsa di sini,” ujarnya. Deddy berharap, dengan adanya perhelatan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Bandung dan daerah-daerah yang ada di Jabar. Hal ini lantaran akan ada banyak perwakilan negara-negara yang hadir. Diharapkan ketika mereka kembali ke negaranya bisa menyampaikan apa yang ada di Bandung. “Ini bisa menjadi daya jual dan daya tarik di mata dunia,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 6.700 personel dari TNI dan Polri disiapkan untuk mengamankan puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pa da 24 April mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan, bahkan pada 1 April nanti tim Kepresidenan akan kembali meninjau kesiapan peringatan KAA di Kota Bandung. “Total ada 6.700 personel da ri TNI dan Polri. Nanti disebar di titik-titik yang telah di sepakati. Kemudian camat-camat juga akan mengerahkan sebagian linmas untuk membantu menjaga keamanan,” ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pada hari kemarin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama jajaran kepolisian dan TNI melakukan rapat koordinasi pengamanan peringatan KAA ke- 60. Rapat tersebut bertujuan menyingkornkan sistem keamanan yang dilakukan masing-masing pihak. “Ini untuk menyingkronkan pengamanan yang berlapis-lapis. Insya Allah di Bandung dari mulai mendarat di Bandara Husein, dari Pasteur, sampai Gedung Merdeka bisa lancar,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil mengungkapkan pada 1 April mendatang tim kepresidenan akan datang mengecek dan melakukan simulasi isu-isu terkait gangguan keamanan dan tidak menganggu kenyamanan warga. Seperti saat ibadah salat Jumat. Warga masih bisa melakukan salat Jumat di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Jadi bagaimana warga masih bisa salat Jumat di Masjid Agung, tapi tidak menganggu dari sisi keamanan tamu-tamu VIP,” kata Emil. Kemudian saat kunjungan tim Kepresidenan nanti, juga akan dilakukan simulasi alternatif rute yang lebih singkat dari rute sebelumnya. “Termasuk mengatur wartawan juga, karena jumlahnya banyak, nanti kami atur dengan protap dari keamanan,” ujarnya.

Ditanya terkait perbaikan fisik sejumlah infrastruktur jelang peringatan KAA telah mencapai 70%, Emil menargetkan sebelum tanggal 24 April seluruh proyek perbaikan dapat selesai 100%. “Pokoknya tanggal 24 harus sudah 100%,” pungkasnya. Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim menyatakan, pihaknya sudah siap membantu pengamanan pada peringatan KAA April. “Kami sudah siap. Wartawan juga nanti harus mau diatur,” ujar dia.

Yugi prasetyo/ mochamad solehudin
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5520 seconds (0.1#10.140)