Warga Terpaksa Berobat ke Luar Provinsi

Kamis, 26 Maret 2015 - 11:21 WIB
Warga Terpaksa Berobat ke Luar Provinsi
Warga Terpaksa Berobat ke Luar Provinsi
A A A
PANGANDARAN - Warga Desa Maruyungsari dan Desa Sukanegara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, memilih berobat ke puskesmas di Jawa tengah.

Alasannya, fasilitas kesehatan di luar provinsi lebih dekat dibanding puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran. Didin, 45, warga Desa Maruyungsari mengatakan, di Kecamatan Padaherang tidak ada puskesmas. Jarak tempuh untuk berobat ke puskesmas di wilayah Pangandaran sangatlah jauh. “Kami mendambakan adanya puskesmas di Kecamatan Padaherang. Karena selama ini warga yang sakit harus berobat ke Puskesmas Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah,” kata Didin.

Masih dikatakan Didin, secara geografis warga dua desa seharusnya berobat ke Puskesmas Kecamatan Kalipucang, yang masih masuk ke Kabupaten Pangandaran. Namun jarak tempuh yang terlalu jauh dan buruknya sarana infrastruktur jalan, akhirnya warga enggan berobat ke Puskesmas Kalipucang.“Saya juga sering ke Jawa Tengah kalau ingin berobat, meski berbeda Provinsi,” tambahnya.

Menurut Didin, sudah sepantasnya kalau di wilayah Desa Sukanegara atau Maruyungsari ada puskesmas, agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi. Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Eko membenarkan hal itu. “Kami sudah rapat koordinasi kesehatan lintas Kabupaten yang intinya bekerjasama dengan Puskesmas Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, untuk melayani pasien Kabupaten Pangandaran” kata Eko.

Kerjasama tersebut, di antarannya untuk memudahkan pasien dari Kabupaten Pangandaran berobat menggunakan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). “Hal itu dilakukan agar tidak ada pembedaan penanganan pasien dari petugas kesehatan setempat saat melayani warga Pangandaran,” pungkas Eko.

Syamsul ma’arif
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2688 seconds (0.1#10.140)