Pasar Deli Tua Segera Dioperasikan

Rabu, 25 Maret 2015 - 11:58 WIB
Pasar Deli Tua Segera Dioperasikan
Pasar Deli Tua Segera Dioperasikan
A A A
DELISERDANG - Pasar Modern Deli Tua, Deliserdang, segera dioperasikan dalam waktu dekat ini. Untuk memastikan kesiapan pasar yang mampu menampung 1.105 pedagang ini Wakil Bupati Zainuddin Mars kemarin mengecek langsung keadaan di sana.

“Kalau melihat konsep dan fisik bangunan, ini merupakan pasar modern. Selain berlantai dua, pasar ini juga dilengkapi berbagai fasilitas sesuai konsep pasar modern,” kata Zainuddin Mars. Orang nomor dua di Deliserdang ini berharap pedagang mau memanfaatkan pasar ini. Apalagi di pasar ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

Masyarakat diminta untuk tidak sekadar memanfaatkan, tetapi juga ikut menjaga kebersihan pasar. Saat ke pasar Zainuddin Mars menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah pedagang yang saat itu juga ingin melihat kondisi pasar yang baru selesai dibangun. Bahkan, para pedagang menyatakan kesiapannya untuk direlokasi secepatnya.

“Hampir setiap hari Pak kami datang ke pasar ini. Rasanya sudah tak sabar lagi kami ingin menempati pasar ini. Kalau bisa besok direlokasi, kami juga sudah siap,” kata Ayen Br Ginting saat berdialog dengan Zainuddin Mars. Komentar senada diungkapkan Ketua Ikatan Pedagang Pasar Delitua (IPPD) Samaria Br Barus. Bahkan, dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Deliserdang yang telah membangun pasar modern itu.

Apalagi, para pedagang tak dikutip dana sepeser pun untuk menempati pasar baru tersebut. “Pasar ini merupakan harapan kami ke depan sebagai pedagang. Karenanya kami sudah siap untuk segera direlokasi,” paparnya. Sambil berdialog Zainuddin juga meninjau ke dalam pasar dari lantai satu sampai ke lantai dua, sekaligus meninjau fasilitas yang ada. Seperti loading area (turun naik barang) sayuran dan ikan. Di loading area ini juga para pedagang dapat mencuci drum ikan maupun sayuran.

Lalu ada juga tempat pembuangan sampah dari lantai dua ke lantai satu yang langsung tertampung ke dalam bak truk sampah untuk langsung dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Zainuddin juga kagum karena pasar dilengkapi kamera tersembunyi closed circuit televisi (CCTV) di sejumlah titik. Ada juga mesin pompa air guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Deliserdang Donal Lumbantobing menjelaskan, luas tanah untuk bangunan pasar seluas 6.000 meter, sedangkan luas bangunan berlantai dua 10.000 meter. Di pasar tersebut sudah disiapkan 225 kios, los 398, los nonhalal 8. Lalu tempat berjualan untuk pedagang kaki lima (PKL) sebanyak 474 titik. Untuk PKL mingguan yang buka setiap Kamis di pinggir badan jalan sudah disiapkan tempat di lantai dua.

Masih kata Donal, pasar ini juga dilengkapi terminal angkutan kota dengan tujuan berbagai kecamatan yang ada di Deliserdang, termasuk tujuan Medan dan Belawan. Dinasnya juga sudah menjadwalkan sosialisasi kepada para pedagang pada Selasa (24/3). Pada Kamis (26/3) akan dilakukan pengoperasian terminal oleh Dishub Deliserdang. Kemudian pada Jumat (27/3) dan Sabtu (28/3) akan dilakukan pengundian nomor kios/los. Pemindahan pedagang dimulai pada Sabtu (28/3) hingga Senin (30/3).

M andi yusri
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8540 seconds (0.1#10.140)