Kualitas Buruk, Pemkab Mukomuko Tolak Pemberian Raskin

Selasa, 24 Maret 2015 - 11:04 WIB
Kualitas Buruk, Pemkab Mukomuko Tolak Pemberian Raskin
Kualitas Buruk, Pemkab Mukomuko Tolak Pemberian Raskin
A A A
BENGKULU - Bupati Mukomuko Ichwan Yunus, kembali menolak jatah beras miskin (raskin) dari pemerintah pusat, untuk diberikan kepada warganya.

Pasalnya, jatah raskin yang diberikan kepada warga, kerap menjadi permasalahan di kemudian hari, ditambah lagi kualitasnya tidak bagus. Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Mukomuko sudah enam kali menolak pemberian raskin.

"Tahun ini kita tolak raskin. Penolakan raskin sudah kita lakukan enam tahun. Kebutuhan beras di kabupaten ini sudah terpenuhi dengan persawahan warga, di Kabupaten ini," kata Ichwan, kepada wartawan, Selasa (24/3/2015).

Ditambahkan dia, areal persawahan di 15 kecamatan Kabupaten Mukomuko seluas 12.000 Hektare (Ha), masih mencukupi kebutuhan pangan 200 ribu jiwa penduduk Pemkab Mukomuko.

"Dalam satu Ha sawah mampu menghasilkan gabah kering enam ton dengan kualitas beras yang berkualitas. Dalam setahun, sawah di Mukomuko tiga kali panen. Hasil panen itu kualitas berasnya bagus-bagus," jelas Ichwan.

Dia menambahkan, Kabupaten Mukomuko mulai menerapkan sistem panen, dengan menggunakan mesin pemanen, yang mana dalam satu Ha areal persawahan hanya membutuhkan waktu dua jam. Penerapan itu, baru dilakukan di Kecamatan Air Majunto.

"Sistem panen menggunakan mesin itu sudah kami lakukan dua tahun ini. Tapi, baru satu kecamatan saja, untuk kecamatan lainnya akan menyusul. Tahun ini, mesin pemanen akan kami tambah empat unit lagi," terangnya.

Dia yakin, jika kabupaten yang memiliki motto 'Kapuang Sakti Ratau Batuah' ini akan menjadi lumbung padi. Sebab, secara bertahap pembenahan sarana dan prasarana penunjang untuk mengalakkan penanaman padi mulai berangsur diperbaiki.

"Sarana penunjang mulai dibangun, seperti irigasi dan lainnya. Kebutuhan pupuk, bibit padi berkualitas, terus kami berikan kepada warga," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5974 seconds (0.1#10.140)