Janji Jaga Kearifan Lokal

Senin, 23 Maret 2015 - 11:22 WIB
Janji Jaga Kearifan Lokal
Janji Jaga Kearifan Lokal
A A A
PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menerima gelar kehormatan dari Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung. Irman mendapat gelar Kehormatan ”Tuanku Besar Palinduang Alam”.

Prosesi penyerahan gelar adat tersebut dilaksanakan di Istano Silinduang Bulan, Batu Sangkar, Sumatera Barat. Pemberian gelar ini diberikan oleh Sultan Haji Muhammad Taufiq Thaib. Sultan Haji Muhammad Taufiq Thaib mengatakan gelar tersebut diberikan lantaran peranan Irman selama 15 tahun di dunia politik, dengan posisi terakhir sebagai Ketua DPD yang dinilai telah meng harumkan Provinsi Sumatera Barat.

”Mendengar musyawarah kerabat daulat Dipertuan Raja Alam Pagaruyung mengingat jasa-jasa beliau serta pengabdian yang bersangkutan terhadap bangsa dan negara, dan terhadap masyarakat Sumatera Barat pada khususnya dengan suka citanya menitahkan gelar kerabat,” ujarnya dalam upacara penyerahan gelar di Padang kemarin.

Peran Irman dinilai besar dalam memperjuangkan kepentingan daerah. Dia salah satu tokoh pasca reformasi yang konsisten memperjuangkan rekognisi dan akomodasi kepentingan daerah dalam berbagai proses kenegaraan, termasuk pemerintahan. Tuntutan yang dilandasi pemikiran mengenai karakter bangsa Indonesia yang multikultur.

”Sistem politik dan pemerintahan harus mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Dengan demikian, hasil dari berbagai sistem kenegaraan dan pemerintahan benar-benar mencerminkan kebutuhan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Ir man Gusman berjanji akan menetapkan dan terus melestarikan kearifan lokal sebagai amanah atas diberikannya gelar tersebut. ”Ini sebuah anugerah dari keluarga besar kerajaan Pagaruyung dalam rangka kita untuk melestarikan budaya,” tandasnya. Menurutnya, Indonesia mempunyai beragam budaya dan kearifan lokal yang harus dijaga meski diterpa globalisasi.

”Kita bangsa Indonesia kan punya perbedaan budaya yang perlu kita jaga, revitalisasi dan dijadikan sumber inspirasi sehingga kita bisa punya daya tahan budaya,” ujarnya. Dia menambahkan kearifan lokal dapat menjadi potensi menarik pariwisata juga menumbuhkan berbagai industri pariwisata kreativitas. Selain Irman , Dirut Pertamina Dwi Soetjipto mendapatkan gelar kehormatan dari kerajaan Pagaruyung, dengan gelar ”Tuanku Besar Temenggung Diraja”.

Pemberian gelar tersebut didapat karena jasa beliau selama menjabat Direktur Utama Semen Padang dapat membawa Semen Padang sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara menjadi perusahaan multinasional.

Acara penganugerahan dihadiri para Wakil Ketua DPD, yakni Farouk Muhammad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas; para anggota DPD seperti Emma Yohanna dan Novi Chandra (Sumatera Barat), Bahar Ngi tung (Sulawesi Selatan), dan Abubakar Jamalia (Jambi); Sekretaris Jenderal DPD Sudarsono Harjosoekarto, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Bupati Tanah datar M Shadiq Pasadigoe, artis senior Christine Hakim, dan para tokoh adat Sumatera Barat.

Mula akmal
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1878 seconds (0.1#10.140)